Setahun Jabat Presiden, Covid-19 dan Inflasi Jadi Rapor Merah Biden

Setahun Jabat Presiden, Covid-19 dan Inflasi Jadi Rapor Merah Biden – AEOmedia

AEOmedia.com: Setahun Jabat Presiden, Covid-19 dan Inflasi Jadi Rapor Merah Biden, pada kesempatan kali ini AEOmedia akan membahas topik lain yaitu tentang Setahun Jabat Presiden, Covid-19 dan Inflasi Jadi Rapor Merah Biden, Kami merangkum Perihal dari luar negeri ini dari beraneka macam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami dengan judul Setahun Jabat Presiden, Covid-19 dan Inflasi Jadi Rapor Merah Biden.

– ”Tugas kami belum usai.” Pernyataan itu diungkapkan oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden dalam pidato pemerintahannya. Kamis (20/1) tepat satu tahun politikus 79 tahun tersebut memimpin Paman Sam. Tak semua berjalan mulus sesuai rencana. Kebijakannya membuat sebagian penduduk AS kecewa. Dukungan terhadap Biden pun menurun.

Ketika pertama terpilih sebagai presiden ke-46, hasil survei RealClearPolitics menunjukkan dukungan untuk Biden mencapai 56 persen. Namun, kini menjadi hanya 42 persen atau turun 14 digit. Angka ketidaksetujuan melonjak hingga 52 persen. Dibandingkan dengan para pendahulunya, hanya Donald Trump yang rekor ketidaksetujuan di tahun pertamanya mengalahkan Biden.

Popularitas itu merosot tajam setelah Biden menyetujui kebijakan pemerintahan sebelumnya untuk menarik pasukan dari Afghanistan. Itu belum ditambah dengan menggilanya penularan varian Delta dan mengakibatkan ribuan penduduk meninggal.

Hasil polling NBC News menunjukkan bahwa 6 dari 10 penduduk AS meyakini Biden tidak mampu menangani perekonomian di negara tersebut. Lebih dari separo responden juga menganggap dia tidak cakap dalam menangani pandemi.

Biden di lain pihak menyatakan setahun pemerintahannya memang penuh tantangan, tapi juga banyak kemajuan besar yang dilakukan. Itu merujuk pada statistik vaksinasi Covid-19, penciptaan lapangan kerja, dan menurunnya angka kemiskinan pada anak.

”Tetap saja untuk semua kemajuan ini, saya tahu ada banyak frustrasi dan kelelahan yang meliputi negara ini,” terangnya dalam sesi pidato dan tanya jawab selama sekitar 90 menit di Gedung Putih tersebut. Itu terkait dengan pandemi yang tak kunjung berakhir dan inflasi. Saat ini inflasi di AS mencapai 7 persen. Itu adalah kenaikan tertinggi sejak pada 1980-an.

Menurut dia, memang seharusnya pemerintahannya meningkatkan uji Covid-19 lebih awal. Meski terlambat, kini mereka sudah melakukannya. Ditanya apakah dia menebar janji terlalu banyak pada kampanye 2020, Biden menjawab singkat. ”Saya tidak berjanji muluk-muluk,” tegasnya.

Dua agenda prioritas Biden adalah RUU tentang pengeluaran ekonomi dan sosial yang disebut Build Back Better. Selain itu, RUU hak suara federal. Dua aturan hukum tersebut masih dibahas dan berkali-kali terganjal.

Meski begitu, bukan berarti tidak ada capaian yang didapat oleh Biden. Dilansir BBC, Biden menunjuk hakim federal lebih cepat dibandingkan rata-rata pendahulunya. Dia juga membuat AS masuk kembali ke kesepakatan perubahan iklim Paris. AS keluar dari kesepakatan untuk menekan pemanasan global tersebut di era Trump.

Biden juga berhasil meloloskan UU bantuan pandemi senilai USD 1,9 triliun (Rp 27,24 kuadriliun) Maret tahun lalu, memvaksin 50 juta penduduk dalam 100 hari, menarik larangan adanya transgender di militer, dan meloloskan UU infrastruktur senilai USD 1 triliun (Rp 14,3 kuadriliun).

Biden berhasil menambah 6,4 juta lapangan kerja baru. Trump pada periode yang sama hanya melakukan sepertiganya. Dia juga menekan tingkat pengangguran dari 6,3 persen menjadi 3,9 persen. Selain itu, Biden menandatangani 77 perintah eksekutif. Salah satunya terkait dengan penerimaan imigran.

”Saya tidak heran meski ada kemajuan terkait Covid-19 dan ekonomi, pemilih belum menganggap kami lulus. Tapi, Presiden Biden terpilih untuk masa jabatan empat tahun, bukan setahun,” bela Kepala Staf Gedung Putih Ron Klain.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Setahun Jabat Presiden, Covid-19 dan Inflasi Jadi Rapor Merah Biden – AEOmedia yang dipublish pada 21 January 2022 di website Berita Portal Online Terkini - AEOmedia.com

Leave a Comment