Apa Itu B20 Yang Disinggung Capres Prabowo Ketika Debat Presiden Kedua

b20

Nasional – Apa Itu B20 Yang Disinggung Capres Prabowo Ketika Debat Presiden Kedua, Pada Debat Capres kedua yang digelar 17 Februari 2019 lalu, Capres Prabowo menyinggung tentang Biodiesel 20 atau B-20 dimana B20 ini telah diresmikan pada Agustus 2018 lalu. Namun sampai sekarang masih dalam tahap pengembangan oleh pemerintah dan pertamina.

Lalu APA SIH B20/ Biodiesel 20 itu ?

Definisi sederhananya, Biodiesel B20 adalah bahan bakar diesel campuran minyak nabati 20% dan minyak bumi (petroleum diesel) 80%.

Sedikit lebih teknis, Biodiesel B20 adalah bahan bakar diesel yang ditambahkan Fatty Acid Methyl Ester (FAME) sebesar 20%.FAME atau metil ester ini diproduksi melalui reaksi transesterifikasi (transesterfication) antara trigliserida (penyusun utama minyak nabati) dan methanol dengan bantuan katalis basa.

Reaksi tersebut menghasilkan metil ester dan gliserol.

Metil ester inilah yang dipakai sebagai bahan baku pembuatan biodiesel.

Ini karena sifat fisik atau molekulnya mirip dengan petroleum diesel.

Salah satu sumber minyak nabati atau metil ester ini adalah minyak kelapa sawit (palm oil) yang banyak dimiliki oleh Indonesia.

Pemerintah Jokowi diAnggap telat kembangkan B20

Apa Itu B20

Capres petahana Joko Widodo menjelaskan bahwa Indonesia telah melakukan pengembangan B20 untuk energi nasional. Hal tersebut diungkapkannya setelah penantangnya Prabowo Subianto menyinggung pemakaian energi B20.

Peneliti Ekonomi dari Institute for Development Economy dan Finance (Indef), Bhima Yudhistira, menjelaskan bahwa memang benar B20 harus cepat dikembangkan.

“Contoh Prabowo benar, bahwa B20 masih tertinggal dibandingkan Brazil yang telah sukses dengan B100 atau campuran 100% energi terbarukan,” kata Bhima

Dia mengatakan penyaluran B20 yang terhambat menjadi masalah dalam melakukan pengembangan energi B20. Indonesia juga dinilai terlambat untuk kembangkan B20.

“Kekurangannya adalah Indonesia masih terlambat untuk mengembangkan 100% biodiesel. Penyaluran B20 saat ini juga terhambat oleh distribusi Pertamina keluar Jawa dan kesiapan user non-PSO,” ungkap Bhima.

Sebelumnya, Capres petahana Joko Widodo (Jokowi) mengatakan saat ini pemerintah telah memanfaatkan kelapa sawit dalam program biodiesel 20% atau B20.

“Supaya Pak Prabowo tahu, kita telah mulai B20 dan sudah berporduksi 98% dari yang kita harapkan,” kata Jokowi dalam Debat Capres Jilid 2 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).