Kementrian Luar Negeri, Menteri Kesehatan dan juga TNImelakukan sinergi untuk mengevakuasi para warga Negara Indonesia yang ada di Wuhan, China.

Sebagaimana diketahui, virus korona yang melanda Wuhan semakin banyak menelan korban.

“Saya sampaikan bahwa TNI itu punya SOP yang berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2019. Jadi kita sesuai dengan SOP, kita siapkan dipakai atau enggak, diminta atau enggak, ya kita siapkan,” kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Sisriadi

Karena itu, Sisriadi memastikan TNI siap berkerjasama dengan seluruh pihak untuk memulangkan WNI dari kota Wuhan, China.

“Ya seluruh sudah siap, jenis dan berapa unitnya enggak perlu saya sampaikan lah. Jadi sesuai dengan keputusan bersama nanti. Nanti yang jadi leading Kemlu, kita tetap siapkan,” tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan kepada para sejumlah menteri dan pejabat untuk segera mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Provinisi, Hubei, China.

Jokowi melakukan rapat dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, dan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo.