Gunung Merapi kembali lucurkan awan panas guguran 7 kali pada pagi ini (27/3)

Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas – AEOmedia

AEOmedia.com: Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas, pada kesempatan kali ini AEOmedia.com akan membahas topik lain yaitu tentang Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas, Kami merangkum informasi ini dari beraneka macam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami dengan judul Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas.

AEOmedia.com – YOGYAKARTA. Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas guguran pada hari ini, Selasa (30/3) sekitar 07.06 WIB.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida mengatakan, berdasarkan catatan di seismogram, awan panas guguran ini berlangsung selama 135 detik. “Jarak luncur kurang lebih 1.500 meter ke arah barat daya. Angin bertiup ke utara,” kata Hanik dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga :  Gunung Merapi kembali lucurkan awan panas guguran 7 kali pada pagi ini (27/3) - AEOmedia

BPPTKG juga mencatat, selama pemantauan pada hari ini dari 00.00 WIB hingga 06.00 WIB terjadi 19 kali guguran lava dengan jarak luncur maksimal 1.000 meter. Lava terpantau meluncur ke arah barat daya.

Dalam periode pemantauan itu, teramati asap putih dengan intensitas sedang hingga tebal dan setinggi 50 meter di atas puncak kawah. Tercatat pula dalam waktu itu 50 kali gempa guguran, satu kali gempa embusan, dan dua kali gempa fase banyak. “Tingkat aktivitas Gunung Merapi masih ditetapkan level III (Siaga),” kata Hanik.

Baca Juga: Gunung Merapi kembali lucurkan awan panas guguran 7 kali pada pagi ini (27/3)

Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan- barat daya meliputi Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 kilometer. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak.

Baca juga :  Guguran Lava Gunung Merapi Meluncur hingga Jarak 2.000 Meter - AEOmedia

Masyarakat diimbau agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya. Masyarakat perlu mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi.

Penambangan di alur sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam KRB III direkomendasikan untuk dihentikan. Pelaku wisata direkomendasikan tidak melakukan kegiatan pada daerah potensi bahaya dan bukaan kawah sejauh 5 kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Gunung Merapi Kembali Keluarkan Awan Panas, Meluncur Sejauh 1.500 Meter.
Penulis: Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma
Sumber Editor dari: Teuku Muhammad Valdy Arief

Baca Juga: Gunung Merapi meluncurkan 8 kali guguran lava pijar sejauh 1.500 meter

Baca juga :  Kabar Terkini Gn.Merapi Sudah Lebih 50x Keluar Awan Panas Wedhus Gembel

Sumber Editor dari: Wahyu T.Rahmawati

Kesimpulan
Dari sedikit informasi di atas semoga memberikan tambahan pendapat anda dari apa yang sajikan saat ini. Semoga artikel yang membahas Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas Ini menjadikan anda semakin tertarik dengan mudahnya mendapatkan informasi dari dari internet.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas – AEOmedia yang dipublish pada 30 March 2021 di website Berita Portal Online Terkini - AEOmedia.com

Leave a Comment