Thursday, June 30, 2022
spot_img

11 Cara Mengatasi Payudara Bengkak ketika Menyapih dengan Obat Alami – AEOmedia

Must Read

AEOmedia.com: 11 Cara Mengatasi Payudara Bengkak ketika Menyapih dengan Obat Alami, Beragam berita hidup sehat memang tidak akan pernah ada habisnya jika di bahas, dan uniknya lagi selalu ada hal baru di dalam dunia olahraga, maka dari itu AEOmedia.com Akan membahas yang sedang unik di perbincangkan yaitu 11 Cara Mengatasi Payudara Bengkak ketika Menyapih dengan Obat Alami

Semua hal baik harus diakhiri, dan menyusui tidak terkecuali. Iya, menyapih merupakan proses yang harus dilalui seusai menyusui. Bahkan, setelahnya Bunda pun akan terus mencari tahu cara mengatasi payudara bengkak ketika menyapih.

Payudara bengkak terjadi karena kemampuan luar biasa tubuh Bunda untuk membuat susu tidak berhenti sekejap. Tetapi jika Anda perlu segera berhenti menyusui, ada cara untuk mengurangi kemungkinan masalah, seperti pembengkakan juga.

Apa pun situasi Bunda, Konsultan Laktasi Bersertifikat Dewan Internasional (IBCLC) dapat membantu di akhir pengalaman menyusui Bunda, “Mencari bantuan sejak dini dapat memecahkan potensi masalah penyapihan sebelum muncul,” kata Rachel Radcliffe, MS, OTR/L, IBCLC, seorang terapis okupasi dan konsultan laktasi di Sistem Kesehatan Nasional Anak di Washington, DC.

Cara Mengatasi Payudara Bengkak ketika Menyapih

Tapi, bila sudah saatnya Bunda melepaskan Si Kecil maka bagaimana cara mengatasi payudara bengkak ketika menyapih?

1. Mandi Air Hangat

Foto: Orami Photo Stock

Mandi air hangat atau berendam di air hangat bisa digunakan sebagai cara mengatasi payudara bengkak ketika menyapih. Air hangat dapat membuat jaringan payudara kenyal sehingga memudahkan aliran ASI yang terkumpul.

Bahkan, Bunda juga bisa melakukan kompres panas untuk meredakan nyeri payudara akibat bengkak.

2. Pompa dalam Keadaan Darurat

Pompa sebagai cara mengatasi payudara bengkak saat menyapih

Foto: Orami Photo Stock

Sebenarnya cara mengatasi payudara bengkak ketika menyapih adalah dengan pompa payudara. Dilansir dari Baby Center, Jangan memompa kecuali Bunda benar-benar tidak nyaman.

Kemudian pompa satu kali untuk memastikan payudara benar-benar kosong. Setelah itu, pompa hanya “untuk kenyamanan” jika Bunda merasa perlu. Meskipun hal ini mungkin membuat memproduksi ASI lebih lama, lebih baik melakukannya daripada benar-benar menderita dengan payudara yang bengkak.

3. Pijat Payudara

Cara mengatasi payudara bengkak saat menyapih yaitu pijat payduara

Foto: Orami Photo Stock

Jika Bunda tidak ingin menggunakan pompa payudara, maka tekan perlahan payudara untuk mengeluarkan ASI. Cara mengatasi payudara bengkak ketika menyapih ini juga bisa membuat kelonggaran dari nyeri payudara. Bunda juga bisa memijat payudara dengan lembut sambil mandi air hangat.

Baca juga :  Masih Menyusui Lalu Hamil Lagi, Bumil Diminta Jangan Panik - AEOmedia

Korean J Women Health Nurs mengungkap dua studi uji coba dari berbagai jenis pijat payudara, Gua-Sha Therapy42 dan pijat payudara Oketani43 dibandingkan dengan pijat payudara konvensional pada kelompok kontrol menemukan bahwa terdapat pengurangan nyeri, pembengkakan, dan ketidaknyamanan pada kelompok kontrol dan intervensi dalam kedua studi, tetapi kelompok intervensi memiliki penurunan gejala yang jauh lebih besar.

Bunda dapat bertanya kepada ginekolog atau ahli laktasi tentang metode yang tepat untuk melakukan ini.

4. Kompres Dingin

Kompres dingin dipilih sebagai cara mengatasi payudara bengkak saat menyapih

Foto: Orami Photo Stock

Penggunaan kompres dingin atau kompres es dapat membantu meredakan ketidaknyamanan akibat pembengkakan. Menurut Forestland Pediatrics, Kompres panas atau botol air panas tidak dianjurkan untuk mengatasi pembengkakan karena dapat meningkatkan pembengkakan jaringan.

Namun, menggunakan panas dan pijat sebelum sesi menyusui dapat meningkatkan aliran ASI. Berdiri di pancuran air hangat, biarkan semprotan jatuh ke payudara, dapat meningkatkan pelepasan ASI tanpa merangsang lebih banyak produksi ASI.

5. Daun Kubis Dingin

Daun kubis dipilih juga sebagai cara mengatasi payudara bengkak saat menyapih

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi payudara bengkak ketika menyapih adalah dengan daun kubis dingin. Dilansir dari Cochrane, Ambil sepasang daun kubis dingin dan potong urat atau tonjolan besar. Selipkan daun ke bra Bunda saat masih dingin dan biarkan di sana sampai layu, lalu gantilah dengan bra baru.

Kubis telah lama dianggap membantu mengurangi suplai ASI, tetapi tidak banyak bukti yang jelas untuk mendukung gagasan ini. Namun, penelitian menunjukkan bahwa daun kubis dapat membantu meredakan gejala pembengkakan.

6. Pilihan Bra

Cara mengatasi payudara bengkak saat menyapih lewat pilihan bra

Foto: Orami Photo Stock

Australia Breastfeeding Association menjelaskan cara mengatasi payudara bengkak ketika menyapih adalah dengan kenakan bra yang pas dan mendukung untuk menjaga payudara tetap nyaman. Bra berkualitas baik yang pas akan memberikan dukungan dan membantu melindungi payudara MOms dari trauma tambahan.

Pastikan itu tidak terlalu ketat, yang hanya akan menambah rasa sakit Anda. Dan pilihlah yang terbuat dari serat alami, seperti kapas, yang memungkinkan aliran udara dan mendorong penguapan. Bra yang terbuat dari serat sintetis dapat menahan panas, meningkatkan keringat, dan memerangkap kelembapan pada kulit payudara

Baca juga :  Ikuti 5 Tips Menyusui dari Dokter Agar ASI Keluar Lebih Banyak - AEOmedia

Hindari memakai bra berkawat, karena bra ini dapat memberi tekanan terlalu besar pada payudara Bunda dan dapat meningkatkan risiko tersumbatnya saluran atau mastitis. Jika penyangga underwire lebih nyaman untuk Bunda, cari bra yang dirancang khusus untuk menyusui dengan kawat fleksibel.

7. Konsumsi Teh dan Herbal

Teh dan herbal juga dipilih sebagai cara mengatasi payudara bengkak saat menyapih

Foto: Orami Photo Stock

Kantor Womens Health di Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS juga merekomendasikan cara mengatasi payudara bengkak ketika menyapih adalah dengan konsumsi teh dan herbal, termasuk sage, peppermint, peterseli, dan melati, untuk membantu mengurangi suplai ASI Bunda lebih cepat.

Ingatlah juga bahwa menyusui lebih dari sekadar makanan untuk bayi. Si Kecil mungkin merindukan kedekatan itu dengan Bunda setelah penyapihan dimulai, jadi kalian mungkin perlu menyisihkan sedikit waktu untuk berpelukan sebagai kompensasi.

8. Perhatikan Posisi Tidur

Posisi tidur saat menyapih

Foto: Orami Photo Stock

Selama beberapa hari pertama Bunda mungkin tidak nyaman berbaring di tempat tidur karena payudara sangat penuh. Lalu, cara mengatasi payudara bengkak ketika menyapih saat Bunda mencoba tidur yaitu dengan mencoba berbaring telentang atau di satu sisi dengan bantal tambahan yang menopang payudara.

Jika Bunda suka berbaring telentang, letakkan bantal di bawah pinggul dan perut untuk mengurangi tekanan pada payudara. Letakkan handuk lembut atau popok kain di payudara Anda untuk menyerap susu yang bocor. Tidur adalah saat tubuh menyembuhkan dirinya sendiri. Jadi, jangan berkompromi dengan tidur malam yang nyenyak.

9. Konsumsi Obat-Obatan

Obat sebagai cara mengatasi payudara bengkak saat menyapih

Foto: Orami Photo Stock

Ambil acetaminophen jika Bunda mengalami demam. Umumnya wanita yang menyusui mengalami demam ringan setinggi 100,2 atau 100,6 derajat Fahrenheit. Asetaminofen akan membantu menurunkan demam dan membuat Anda merasa sedikit lebih baik, dan secara umum dianggap aman untuk digunakan sesekali selama menyusui. Namun, untuk amannya, tanyakan kepada dokter sebelum minum ini atau obat apapun.

Atau minum ibuprofen, terutama jika Bunda merasa sakit. Tidak dapat disangkal menyapih adalah latihan, dan seperti sesi yang berat di gym, terkadang akan membuat Bunda sakit dan nyeri. Pada kesempatan seperti itu, ibuprofen dapat meredakan (juga akan membantu menurunkan demam). Minumlah air dan tingkatkan asupan cairan untuk mencegah dehidrasi dan demam.

Baca juga :  Ibu Menyusui Harus Happy, Supaya Produksi ASI Lancar - AEOmedia

10. Gunakan Pil KB

Pil KB bisa jadi cara mengatasi payudara bengkak saat menyapih

Foto: Orami Photo Stock

Membahas pil KB dengan dokter. Beberapa wanita menemukan bahwa menggunakan kontrasepsi mengurangi suplai ASI, sebagai cara mengatasi payudara bengkak ketika menyapih. Menurut Raising Children, Aman bagi sebagian besar ibu menyapih untuk memulai pil kombinasi (estrogen dan progesteron) jika bayinya setidaknya berusia enam minggu. Beberapa wanita menemukan bahwa pil kombinasi membantu mengurangi suplai ASI mereka.

11. Penyapihan Malam Hari

Penyapihan di malam hari

Foto: Orami Photo Stock

Menyapih malam dapat menghadirkan tantangan tersendiri bagi para ibu yang berhenti menyusui, karena “banyak wanita cenderung menghasilkan ASI dengan volume tertinggi di tengah malam atau dini hari,” kata Leigh Anne O’Connor, IBCLC. Untuk membantu bayi menyesuaikan diri saat Bunda menyapihnya, “tawarkan banyak makanan padat nutrisi di siang hari untuk menambah kalori yang ditawarkan oleh pemberian makan malam,” kata O’Connor.

Bunda juga dapat mencoba menawarkan menyusui lebih sering pada sore dan sore hari, kata Rachel Borton, direktur program Praktisi Perawat Keluarga di Universitas Bradley. Saat menyapih, cobalah memberi makan setiap dua hingga tiga jam dari pukul 1 hingga 7 malam. bukannya setiap tiga sampai empat jam.

Di samping itu, cara mengatasi payudara bengkak ketika menyapih lainnya adalah mengurangi jumlah sesi menyusui secara perlahan.

Proses menyapih merupakan tantangan psikologis dan fisik bagi ibu dan bayinya. Bersabarlah saat mencoba menyapih Si Kecil. Karena itu membutuhkan waktu dan banyak upaya dari keduanya. Ambillah perlahan dan berikan tubuh Anda waktu yang dibutuhkan untuk mengatasi perubahan. Selamat menyapih!

Kesimpulan
Dari sedikit kabar di atas semoga memberikan tambahan pengetahuan seputar dunia sehat itu nikmat dari seluruh dunia. Semoga artikel yang membahas 11 Cara Mengatasi Payudara Bengkak ketika Menyapih dengan Obat Alami Ini menjadikan anda semakin tertarik

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin.
Repost for: AEOmedia.com

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Uang Suami Milik Istri, Apakah Benar atau Salah ?

Kali ini, Aeomedia menulis dalam bentuk percakapan dan diskusi antara orang-orang di dekat pintu: "Uang suami adalah istrinya, dan...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -