Mobil China Hongqi L5

AEOMedia.com, Mobil – Hongqi adalah perusahaan otomotif tertua di China, mereka mulai aktif memproduksi kendaraan sejak 1958. Saat ini, mereka adalah bagian dari grup First Auto Works atau FAW.

Bahkan nama Hongqi memiliki arti ‘Bendera Merah’. Perusahaan ini sejak lama dipercaya oleh pemerintah China, untuk membuat mobil resmi pejabat, termasuk presiden.

Pendiri Partai Komunis China, Mao Zedong menggunakan mobil Hongqi saat menerima kedatangan Presiden Amerika Serikat, Richard Nixon pada era 1970-an.

Kini, Hongqi L5 dipercaya untuk membawa dan melindungi Presiden Xi Jinping saat melakukan lawatan ke luar negeri. Wujud mobil yang digunakan cukup unik, perpaduan antara gaya klasik dengan kemewahan ala Rolls-Royce.

Dimensi panjang mobil mencapai 5,4 meter, sedangkan lebarnya nyaris 2 meter dan tinggi 1,5 meter. Bobotnya mencapai lebih dari 3 ton, akibat banyaknya besi pelindung yang disematkan.

Meski demikian, mesin 12 silinder 6.000cc yang dipasang mampu membuat akselerasi mobil dari diam ke kecepatan 100 kilometer per jam dalam waktu 8 detik saja. Harga mobil ini mencapai 5 juta Yuan per unitnya, atau setara Rp10,5 miliar.