AEOMedia.com – Smartphone memerlukan sistem operasi untuk berfungsi secara optimal. Sebagai contohh, salah satunya yaitu Xiaomi dengan sistem operasi MIUI. Sementara MIUI itu sendiri merupakan sistem operasi khusus buatan Xiaomi untuk menjalankan ponsel Android.

Dalam beberapa waktu terakhir, hampir semua ponsel rilisan Xiaomi sudah menjalankan sistem operasi MIUI 11. Namun, dalam waktu dekat, smartphone anyar rilisan Xiaomi ke depannya disinyalir akan mengusung MIUI 12.

Beberapa ponsel sudah bisa menjalankan versi beta dari sistem operasi ini. Lalu, apa bedanya MIUI 12 dengan versi sebelumnya? Berikut fitur yang ada pada MIUI 12.

1. Dark Mode 2.0
Hadir dengan membawa fitur kekinian, MIUI 12 mengusung Dark Mode 2.0. Ini akan otomatis membuat layar menjadi gelap jika hari menunjukkan waktu yang sama, yaitu pada saat hari mulai gelap. Tampilan font pun diklaim akan berubah bersamaan dengan aktifnya fitur Dark Mode 2.0.

2. AI Calling
Fitur ini disinyalir mirip dengan fitur Screen Calling milik Google. AI Calling pada MIUI 12 didesain dikhususkan untuk para pengguna terutama yang memiliki masalah pendengaran.

Lewat AI Calling melalui AI Assistant khusus Xiaomi, Xiao AI, pengguna dapat memilih untuk mengangkat telepon secara otomatis. Menariknya, pengguna dapat pula memilih bahasa apa yang ingin diguanakan dari AI Calling ini.

3. Pembaruan Keamanan
MIUI 12 diklaim punya fitur keamanan dan privacy yang lebih baik dari versi sebelumnya. MIUI 12 akan menyajikan data-data spesifik dan riwayat penggunaan aplikasi pada smartphone dengan lebih detil. Fitur Barbed Wire, Flare, dan Mask System akan membantu data milikmu lebih aman dan terjaga.

4. Multi Window
Fitur ini hadir untuk menunjang fungsi multitasking. MIUI 12 memungkinkan aplikasi dapat dimunculkan dengan cara picture-in-picture yang berjalan saat sedang mengoperasikan aplikasi lain. Fitur multi window ditampilkan dalam bentuk window yang melayang pada layar smartphone.

5. Sleep Tracker
Sebenarnya sleep tracker sudah lazim pada perangkat Xiaomi lainnya, seperti smartband. Namun, pada MIUI 12, sleep tracker berfungsi lebih komprehensif dengan tambahan pemantauan pergerakan pengguna saat tidur. Bahkan, sampai merekam penggunanya saat bermimpi hingga mendengkur.

Untuk perilisannya, MIUI 12 akan segera hadir pada smartphone Xiaomi. Penasaran? tunggu saja ya perilisannya dalam waktu dekat ini.