Bank BJB Bangkitkan Kembali UMKM – AEOmedia

  • Whatsapp
Bank BJB Bangkitkan Kembali UMKM

AEOmedia.com: Bank BJB Bangkitkan Kembali UMKM , pada kesempatan kali ini AEOmedia akan membahas topik lain yaitu tentang Bank BJB Bangkitkan Kembali UMKM , Kami merangkum informasi terbaru ini dari Beragam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami.

– Banyak pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang mengalami penurunan pendapatan secara drastis atau bahkan gulung tikar selama masa pandemi Covid-19. Di tengah situasi krisis ini, perbankan menjadi salah satu sektor yang diharapkan dapat berpartisipasi mendorong pemulihan ekonomi.

Read More

Sebagai salah satu bank pembangunan daerah (BPD), Bank BJB memiliki komitmen yang selaras dengan pemerintah pusat dan daerah untuk membangkitkan kembali UMKM sebagai langkah pemulihan ekonomi. Fokus utama Bank BJB adalah meningkatkan pembiayaan bagi UMKM dan kapasitas pelaku usaha UMKM.

Baca :  Pandemi Belum Usai, Pajak Mau Dinaikkan, UMKM Berang - AEOmedia

’’Bank BJB memastikan agar fasilitas pembiayaan dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mendukung pemulihan ekonomi. Merujuk status UMKM sebagai tulang punggung ekonomi, adalah langkah tepat untuk mengalirkan fokus bantuan pada sektor ini,” ujar Direktur Utama Bank BJB Yuddy Reynaldi.

Pada Rabu (17/11) lalu, Bank BJB menjalin kerja sama dengan PT Amarta Mikrofintek dalam penyaluran kredit UMKM Channeling. Yuddy mengatakan, kolaborasi dan sinergi saling menguntungkan antara Bank BJB dan Amartha merupakan upaya mendorong laju pertumbuhan bisnis UMKM dan mempercepat penetrasi pasar guna meningkatkan market share UMKM.

Pemimpin divisi Corporate Secretary Bank BJB Widi Hartoto menjelaskan bahwa UMKM memegang peran sentral sebagai motor penggerak perekonomian daerah dan negara. Kerja sama yang terjalin antara Bank BJB dan PT Amarta Mikrofintek merupakan sinergi penting guna mendukung percepatan PEN.

Baca :  Di Tengah Pandemi, Singapura Rayakan Hari Nasional dengan Prokes Ketat - AEOmedia

’’Peran UMKM dalam menggerakkan roda perekonomian daerah sangat signifikan. Bank BJB sebagai mitra pemerintah serta dunia usaha mendukung penuh setiap langkah UMKM dalam melebarkan sayap usahanya. Salah satunya dengan mempermudah akses keuangan dan fasilitas perbankan bagi setiap pelaku usaha,” tegasnya.

Direktur Komersial dan UMKM Bank BJB Nancy Adistyasari menambahkan, Bank BJB mendukung UMKM lewat bantuan permodalan kredit UMKM yang kini juga dapat diakses secara digital. Tak sekadar membantu modal, Bank BJB juga menyalurkan bantuan lewat pola kemitraan sehingga para pelaku usaha sekaligus mendapat jaminan pasar bagi produk-produknya.

’’Kami fokus pada pembiayaan pola kemitraan. Jadi, kami carikan dulu off taker-nya yang bisa membeli bisnis para pelaku UMKM sehingga pelaku UMKM bisa suplai produk mereka ke para pemain besar ini. Keuntungannya, harga jadi lebih stabil dan tingkat kesejahteraan pelaku usaha pun dapat meningkat,” ungkap Nancy.

Baca :  Dana BSU Mulai Cair, Ini Cara Mengetahui Informasi Lengkapnya - AEOmedia

Sementara itu, upaya peningkatan kapasitas pelaku usaha dilakukan lewat serangkaian pelatihan yang dilangsungkan secara digital. Untuk hal itu, Bank BJB memiliki program khusus yang dinamai BJB Pesat (Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu).

Bank BJB juga menjalin kerja sama dengan PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) untuk melakukan penyaluran pinjaman modal usaha bagi perempuan pengusaha mikro. Sebelumnya pun banyak kerja sama dengan beberapa perusahaan lainnya, hal itu jadi bagian upaya integrasi dan kolaborasi sehingga pola kemitraan ini terus menjadi model bisnis yang bisa dijangkau oleh para UMKM binaan Bank BJB.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *