Tips Terhindar Dari Virus Corona

Di Asia Tenggara Singapura menjadi salah satu negara yang mengalami persebaran virus Corona cukup cepat. Disana total mencapai 98 kasus sampai dengan 28 Febaruri 2020.

Namun kabar baiknya adalah pemerintah Singapura mampu menyembuhkan setidaknya 69 orang dari total yang terkena virus tersebut.

Singapura sendiri telah meningkatkan level kewaspadaan terhadap virus corona baru yaitu Covid-19 menjadi oranye atau satu tingkat di bawah merah. Dalam potongan video Menteri Kesehatan Singapura Gan Kim Young yang berbicara di parlemen pada 3 Februari 2020 silam dan beredar di grup whatsapp terdapat sejumlah tips agar terhindar dari Covid-19.

Pertama, menjaga kebersihan diri dengan baik. Hal itu dapat dilakukan dengan mencuci tangan secara berkala dengan sabun dan air.

Kedua, hindari untuk menyentuh wajah dengan tangan. Menurutnya, bukti menunjukkan bahwa penularan sebagian besar kasus corona melalui tetesan seperti dari orang batuk atau bersin.

Jika tetesan ini bersentuhan dengan mata, hidung, atau mulut seseorang baik langsung atau tidak, maka individu tersebut dapat terinfeksi.

Virus yang terdapat pada tetesan batuk atau bersin, dan jatuh seperti ke atas meja atau kursi dapat tetap hidup dalam beberapa hari.

Sementara itu, dilansir dari Gizmodo.com sebuah penelitian pada 2008 menunjukan orang yang jarang menyentuh wajahnya memiliki kemungkinan 80 persen lebih rendah untuk terserang flu musiman dibandingkan dengan mereka yang memiliki intensitas menyentuh wajah lebih tinggi.

Peluang terserang flu bagi individu yang sering menyentuh wajah dengan tangan lebih baik ketika mereka lebih sering mencuci tangannya.

Masih dilansir dari Gizmodo.com, sebuah studi kecil pada 2015 memperkirakan bahwa orang menyentuh wajah mereka rata-rata 23 kali dalam satu jam, dengan sedikit kurang dari setengah dari sentuhan ini melibatkan area mukosa pada wajah, seperti mulut, hidung, dan mata.

Bagian-bagian wajah ini kebetulan merupakan saluran sempurna bagi kuman yang tak terhitung jumlahnya, termasuk virus korona baru, untuk masuk, dan menginfeksi tubuh.