Puncak arus mudik

Isi ancaman Menteri Tjahjo bagi ASN yang nekat mudik Lebaran 2021 – AEOmedia

AEOmedia.com | Berita Terkini : Isi ancaman Menteri Tjahjo bagi ASN yang nekat mudik Lebaran 2021, pada kesempatan kali ini AEOmedia akan membahas topik lain yaitu tentang Isi ancaman Menteri Tjahjo bagi ASN yang nekat mudik Lebaran 2021, Kami merangkum berita terbaru ini dari beraneka macam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo meminta aparatur sipil negara bisa menjadi contoh baik bagi masyarakat. Adapun contoh yang diminta dari ASN oleh Tjahjo yakni mematuhi larangan mudik Lebaran 2021.

Kata Tjahjo, ini penting agar sikap yang diberikan ASN bisa dijadikan contoh bagi masyarakat luas, soal larangan mudik Lebaran 2021.

“Saya berharap ASN tetap menjadi pelopor dan memberikan contoh untuk tidak mudik. ASN juga wajib mengingatkan keluarga besar serta lingkungannya untuk tidak mudik demi memutus rantai pandemi COVID-19,” kata Tjahjo Kumolo dikutip Suara, Minggu 28 Maret 2021.

Baca juga :  Kebocoran Data BPJS Kesehatan Diduga Muat ASN, MenPAN-RB Minta Diusut - AEOmedia

ASN juga diimbau tidak mengunjungi tempat-tempat wisata dan sarana umum, yang dapat berpotensi terjadinya kerumunan warga.

“Saya minta ASN dalam Lebaran tahun ini tidak perlu berwisata atau bergerombol di tempat keramaian, tidak perlu ke tempat rekreasi. Ini kan semata untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 agar tidak melebar ke daerah,” katanya.

Tjahjo mengingatkan kepada para pejabat pembina kepegawaian untuk dengan tegas memberikan sanksi kepada ASN dan keluarganya yang memaksakan diri untuk mudik Lebaran 2021.

Puncak arus mudik
Ribuan mobil padati jalan tol di masa arus mudik Foto: Ist

“PPK wajib memberikan sanksi disiplin kepada ASN dan keluarganya yang nekat mudik,” katanya.

Setelah diputuskan dalam rapat koordinasi tingkat menteri di Jakarta, Jumat (26/3), tentang pelarangan mudik Lebaran 2021, Tjahjo akan menerbitkan Surat Edaran Menteri PANRB kepada seluruh ASN di Indonesia.

“Pada hari Senin (29/3) rencananya akan dikeluarkan Surat Edaran Menteri PANRB,” ujarnya.

Pemerintah sepakat soal larangan mudik 2021

Sementara itu, pemerintah secara resmi telah mengeluarkan keputusan final terkait mudik Lebaran 2021. Menurut Pemerintah, pihaknya telah menetapkan jika mudik 2021 resmi dilarang.

Baca juga :  Larangan Mudik Sudah Final, Kemenhub Segera Terbitkan Aturannya - AEOmedia

Hal itu ditegaskan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy. Sejumlah alasan kemudian dikemukakan, sampai membuat Pemerintah bulat berkeputusan bilang mudik Lebaran 2021 dilarang.

“Tingginya angka penularan dan kematian baik masyarakat maupun tenaga kesehatan akibat wabah covid-19, setelah beberapa kali libur panjang khususnya setelah libur Natal dan Tahun Baru menjadi pertimbangan,” kata dia secara virtual, di Jakarta, Jumat 26 Maret 2021.

Pemerintah menganggap, tingginya angka kasus covid-19, termasuk data tingginya pasien di rumah sakit, memerlukan sebuah langkah tegas dan terukur untuk mencegah agar terulang kembali.

Menpan RB, Tjahjo Kumolo
Menpan RB, Tjahjo Kumolo rapat bersama Komisi II. Foto Kemenpanrb.

Di satu sisi, Pemerintah sudah melaksanakan program-program berkelanjutan untuk penanganan Covid-19 seperti penerapan PSBB, PPKMM, dan penguatan nakes, sampai vaksinasi.

Baca juga :  Mau dapatkan SIKM saat larangan mudik Lebaran? Ini syarat dan kriterianya - AEOmedia

“Sesuai dengan arahan Bapak Presiden, dan hasil keputusan rapat koordinasi di tingkat menteri yang diselenggarakan tanggal 23 Maret 2021 di Kantor Kemenko PMK yang dipimpin oleh Menko PMK, serta hasil konsultasi dengan presiden maka ditetapkan bahwa, tahun 2021 mudik Lebaran ditiadakan (dilarang).”

Pada kesempatan itu, Muhadjir Effendy juga menyebut Pemerintah melarang mudik lebaran 2021 pada 6-17 Mei 2021. Keputusan itu diambil dengan mempertimbangkan risiko penularan Covid-19.

“Cuti bersama idul fitri satu hari ada, tapi enggak boleh ada aktivitas mudik. Pemberian bansos akan diberikan sesuai waktu yang ditentukan,” kata Muhadjir.

Kata Muhadjir, aturan resmi tentang larangan mudik akan diatur lebih lanjut oleh Polri dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Isi ancaman Menteri Tjahjo bagi ASN yang nekat mudik Lebaran 2021 – AEOmedia yang dipublish pada 28 March 2021 di website Berita Portal Online Terkini - AEOmedia.com

Leave a Comment