Thursday, June 30, 2022
spot_img

Ini Dia Cara Mengecek Penerima Kartu Prakerja Gelombang 12 yang Diumumkan 3 Maret 2021

Must Read

AEOMedia.com, Jakarta – Kartu Prakerja merupakan salah satu program yang dikeluarkan oleh pemerintah, dalam meringankan masyarakat yang terkena dampak Covid-19. Tujuan dengan adanya program Prakerja ini, agar masyarakat bisa meningkatkan kompetensinya termasuk pelaku usaha mikro dan kecil maupun pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja.

Pengumuman penerima program Kartu Prakerja gelombang 12 rencananya dilakukan pekan depan. Menurut Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari, pengumuman kemungkinan dilakukan pada Selasa (2/3/2021) atau Rabu (3/3/2021). “Kami berusaha semaksimal mungkin, minggu depan itu baru pengumuman penerima prakerja gelombang 12 dapat dilakukan. Kami berusaha maksimal Selasa atau Rabu semoga saja sudah bisa diumumkan,” kata Denni, (26/2/2021). Sebelumnya, pendaftaran Prakerja gelombang 12 telah terlaksana pada 23-26 Februari 2021.

Cara cek peserta yang lolos

Terdapat dua cara mengecek kelolosan Prakerja gelombang 12, yaitu melalui SMS atau memantau lewat dashboard di www.prakerja.go.id.

1. SMS

Bagi penerima Prakerja yang lolos, akan mendapatkan notifikasi melalui SMS. Pemberitahuan akan disampaikan ke nomor telepon yang didaftarkan saat pembuatan akun. Untuk itu, pastikan nomor telepon yang digunakan ketika mendaftarkan akun telah benar dan masih aktif.

Baca juga :  Airlangga Berharap Alumni Prakerja Bisa Selamatkan Ekonomi Indonesia - AEOmedia

2. Dashboard

Pendaftar juga dapat melakukan pengecekan status kelolosan melalui laman resmi prakerja.go.id. Anda perlu login ke akun Prakerja terlebih dahulu, kemudian cek nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard akun. Apabila lolos, akan muncul keterangan berikut: “Dana insentif kamu diberikan setelah penyelesaian pelatihan, bila belum ada dana yang ditransfer 7×24 jam Hubungi CS”. Namun, jika tidak lolos, akan ada keterangan “Kamu Belum Berhasil” di dashboard akun.

Pendaftaran Prakerja gelombang 13

Peserta yang tidak lolos dapat mendaftar pada Prakerja gelombang 13 selanjutnya dan tidak perlu memasukkan semua data, seperti saat pertama kali membuat akun Prakerja.

Persyaratan

Sebelum melakukan pendaftaran Kartu Prakerja, pastikan calon pendaftar sudah memenuhi persyaratannya.

Baca juga :  Program Kartu Prakerja Lanjut, Dorong Pemulihan Ekonomi - AEOmedia

Persyaratan penerima Kartu Prakerja masih sama dengan tahun sebelumnya. Terdapat 3 persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu:

Berstatus warga negara Indonesia (WNI)
Minimal berusia 18 tahun
Sedang tidak menempuh pendidikan formal.

Cara mendaftar

Setelah dipastikan memenuhi persyaratan, calon pendaftar kartu Prakerja gelombang 12 dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1. Membuat akun Prakerja

Pertama yang harus diakukan adalah membuat akun di laman resmi prakerja. Berikut tahapannya:

Masuk ke situs prakerja.go.id lalu klik ‘Daftar’
Masukkan nama lengkap, alamat email, dan kata sandi baru
Cek e-mail dari Kartu Prakerja dan ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun e-mail Setelah konfirmasi akun e-mail berhasil, kembali ke situs Prakerja.

2. Melengkapi data diri

Setelah membuat akun, pendaftar tinggal melengkapi data diri. Berikut cara melengkapi data diri:

Masuk ke akun dengan alamat e-mail dan kata sandi yang telah dibuat Masukkan nomor KTP dan tanggal lahir, lalu klik ‘Berikutnya’
Isi data diri, mulai dari nama lengkap, alamat email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, lalu klik ‘Berikutnya’
Masukkan nomor telepon dan kode OTP yang dikirim melalui SMS.

Baca juga :  Menko Airlangga Hartarto Pastikan Kartu Prakerja Berlanjut Hingga 2022 - AEOmedia

3. Mengikuti tes

Setelah melengkapi data diri, pemilik akun akan diminta mengikuti tes awal berupa tes motivasi dan kemampuan dasar.

Berikut hal-hal yang harus diketahui soal tes motivasi dan kemampuan dasar ini: Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama 15 menit
Siapkan alat tulis dan kertas bila perlu Tunggu e-mail pemberitahuan dari Kartu Prakerja setelah menyelesaikan tes
Setelah mendapatkan e-mail pemberitahuan, kembali ke situs, dan gabung ke gelombang pendaftaran yang sedang dibuka

Program ini hasil kerjasama antara pemerintah, pelaku usaha swasta untuk mewujudkan masyarakat yang berkompetensi meski sedang dilanda pandemi dengan semangat gotong royong demi SDM Unggul, Indonesia Maju.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Uang Suami Milik Istri, Apakah Benar atau Salah ?

Kali ini, Aeomedia menulis dalam bentuk percakapan dan diskusi antara orang-orang di dekat pintu: "Uang suami adalah istrinya, dan...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -