Cristiano Ronaldo

AEOMedia.com, Liga Italia – Cristiano Ronaldo saat ini berada di posisi kedua daftar pencetak gol terbanyak di kompetisi Negeri Pizza. Dia telah mencetak 31 gol, tertinggal 3 gol saja dari penyerang Lazio, Ciro Immobile, yang berada di puncak daftar tersebut.

Berikut daftar top skor Liga Italia hingga pekan ke-36:
34 gol: Ciro Immobile (Lazio)
31 gol: Cristiano Ronaldo (Juventus)
23 gol: Romelu Lukaku (Inter Milan)
19 gol: Frank Caputo (Sassuolo)
18 gol: Joao Pedro (Cagliari), L Muriel (Atlanta), Dupan Zapata (Atalanta).

Dengan dua laga tersisa, persaingan antara Ronaldo dengan Immobile dipastikan masih akan ketat. Kedua pemain juga tak mendapatkan masalah cedera sehingga dapat bermain pada dua laga terakhir musim ini.

Ciro Immobile bisa dianggap memiliki peluang lebih besar menyabet gelar cappocanonieri, sebutan untuk pencetak gol terbanyak di Liga Italia. Pasalnya, dalam dua laga terakhir Lazio akan menghadapi tim yang lebih enteng ketimbang Juventus.

Lazio tinggal menghadapi tim penghuni zona degradasi, Brescia serta Napoli yang musim ini performanya kurang meyakinkan. Juventus di sisi lain, masih harus menghadapi tim di posisi ke-14 klasemen, Cagliari dan rival sekota Lazio, AS Roma.

Melihat performanya belakangan, Ciro Immobile juga patut untuk lebih diunggulkan. Penyerang asli Italia berusia 30 tahun itu tak absen mencetak gol dalam tiga laga terakhir setelah sempat mengalami paceklik gol dalam tiga laga sebelumnya. Terakhir Immobile mencetak trigol saat Lazio membungkam Hellas Verona.

Sementara Ronaldo sempat absen mencetak gol pada satu laga, kontra Udinese, dari tiga pertandingan Juventus terakhir.

Namun Ronaldo justru terlihat lebih produktif jika kita melihat statistik sejak kompetisi Liga Italia kembali digulirkan Juni lalu. Dia total mencetak 10 gol dari 10 laga sementara Immobile hanya mencetak tujuh gol dari jumlah laga yang sama.

Akan tetapi bisa jadi Pelatih Maurizio Sarri akan menghemat tenaga mega bintangnya tersebut. Pasalnya Juventus masih harus berlaga di ajang Liga Champions. Si Nyonya Tua mengemban misi tak mudah karena harus membalikkan keadaan ketertingalan 0-1 dari Lyon pada laga kedua babak 16 besar 8 Agustus mendatang.

Dengan jadwal yang padat, Sarri sangat mungkin melakukan rotasi skuadnya pada dua laga Liga Italia terakhir. Apalagi Juventus sudah memastikan gelar juara musim ini.

Tampaknya Cristiano Ronaldo masih harus menunggu satu musim lagi untuk meraih gelar top skor Liga Italia. Musim lalu, Ronaldo yang hanya mencetak 21 gol harus puas berada di posisi keempat. Gelar Capocannoniere 2019 pun jatuh ke kaki penyerang Sampdoria Fabio Quagriella dengan torehan 26 gol.