Jurgen Klopp

AEOMedia.com, Liga Inggris – Jurgen Klopp dinobatkan sebagai manajer terbaik musim ini dari Asosiasi Manajer (LMA), Senin (27/7/2020) waktu setempat.

Pria Jerman itu berhak mendapatkan Trofi Sir Alex Ferguson. Klopp mengalahkan manajer Leeds United Marcelo Bielsa, pelatih Sheffield United Chris Wilder dan Gareh Ainsworth (Wycombe Wanderers).

“Saya benar-benar senang dinobatkan sebagai pemenang Penghargaan Manajer Liga Manajer Tahun Ini untuk Piala Sir Alex Ferguson yang luar biasa ini, dinamai menurut nama orang yang sangat saya kagumi,” ujar Klopp usai menerima penghargaan.

“Rasanya istimewa untuk memenangkan penghargaan ini karena dipilih oleh sesama manajer. Sebuah kehormatan dapat berada di perusahaan dengan begitu banyak manajer yang telah dinobatkan sebagai LMA Manager of the Year sebelumnya, termasuk tentu saja manajer Liverpool seperti Bill Shankly, Bob Paisley, Joe Fagan, Sir Kenny Dalglish dan, dalam beberapa tahun terakhir, Brendan Rodgers,” lanjut Klopp.

Terpilihnya Klopp tidaklah mengejutkan. Dia sukses membawa Liverpool juara Liga Inggris untuk pertama kalinya dalam kurun 30 tahun.

Tak sekadar menjadi juara, Liverpool juga sangat dominan di Liga Inggris 2019-2020. Pasukan Klopp cuma kalah tiga kali dan finis dengan 99 poin alias unggul 18 angka dari peringkat dua Manchester City.

Klopp mendedikasikan gelar yang didapatnya kepada seluruh elemen di Liverpool, mulai dari staf pelatih, pemain hingga suporter yang terus mendukung kerjanya.