Sebuah benda mirip tank misterius ditemukan di perairan Kepulauan Riau. Foto: Instagram

TNI AL buka suara soal tank misterius di perairan Kepulauan Riau, ada sabotase? – AEOmedia

AEOmedia.com | Berita Terkini : TNI AL buka suara soal tank misterius di perairan Kepulauan Riau, ada sabotase?, pada kesempatan kali ini AEOmedia akan membahas topik lain yaitu tentang TNI AL buka suara soal tank misterius di perairan Kepulauan Riau, ada sabotase?, Kami merangkum Perihal ini dari beraneka macam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami.

Sebuah benda mirip tank misterius ditemukan di perairan Kepulauan Riau. Kali ini, benda kuning itu ditemukan di Bintan.

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksma Julius Widjojono mengatakan, jajaran TNI AL belum bisa menentukan terkait benda misterius tersebut.

Hanya saja, kata dia, saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan dan dibantu oleh tim gabungan.

Benda menyerupai tank (kendaraan tempur) di perairan Natuna, Kepulauan Riau, ditarik menggunakan pompong kayu nelayan menuju posmat Kijang.

“Sampai dengan saat ini masih dilaksanakan investigasi dari TNI AL dalam hal ini tim Pushidrosal, Dissenlekal, dan Dislitbangal,” kata Julius saat dikonfirmasi, mengutip Kumparan, Selasa, 28 Desember 2021.

Sebuah benda mirip tank misterius ditemukan di perairan Kepulauan Riau. Foto: Instagram
Sebuah benda mirip tank misterius ditemukan di perairan Kepulauan Riau. Foto: Instagram

Laksma Julius juga menjelaksan bahwa tim yang mendapat laporan dari warga langsung menuju ke lokasi.

Kemudian benda itu ditarik menggunakan kapal kayu untuk diperiksa lebih lanjut.

“Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang menemukan benda menyerupai tank (kendaraan tempur) di perairan Natuna, Kepulauan Riau. Benda tersebut ditarik menggunakan pompong kayu nelayan menuju posmat Kijang,” tambah dia.

Julius belum bisa menentukan apakah benda yang ditemukan di Bintan sama dengan benda yang ditemukan di Natuna. Semua masih diselidiki tim gabungan.

Sementara mengutip Suara dari Batamnews, ternyata tank tersebut sudah rongsok atau berkarat dan mengapung-apung di perairan Bintan. Diduga tank rongsokan itu hanyut dari perairan Natuna.

Keberadaan tanks tersebut juga dibenarkan oleh Camat Bintan Pesisir, Julpri Ardani.

“Iya benda itu mirip tank. Tapi asli atau tidak, kita tidak tahu,” ujar Julpri.

Benda mirip tank yang berada ditengah laut itu telah ditarik oleh nelayan bersama pihak kepolisian dan Pos Pengamat (Posmat) TNI AL Kijang.

Sementara itu Kapolsek Bintan Timur, AKP Suardi mengatakan, laporan mengenai temuan benda mirip tank itu sudah diterimanya berupa foto.

“Tadi kita dapat kiriman foto benda mirip tank yang ditemukan nelayan di tengah laut. Posisinya tak jauh dari Pulau Cempedak,” jelasnya.

Foto benda mirip tank itu dikirim oleh Bhabinkamtibmas yang bertugas di Desa Air Gelubi. Saat itu juga tim dari Polair dan TNI AL sudah ke lokasi.

Disebut milik perusahaan migas

Sebuah benda mirip tank misterius ditemukan di perairan Kepulauan Riau. Foto: RCMnews
Sebuah benda mirip tank misterius ditemukan di perairan Kepulauan Riau. Foto: RCMnews

Kepala Dinas Penerangan Lantamal IV Mayor Marinir Saul Jamlaay sebelumnya menuturkan benda itu adalah milik perusahaan migas Star Energy dari rig blok kakap.

Perusahaan itu sedang mengebor di Laut Natuna. “Pihak perusahaan sudah mengakui hal itu. Benda itu hanyut sendiri,” ujarnya belum lama ini.

Karena cuaca ekstrem sebelumnya tank itu belum dievakuasi dan hanyut terbawa arus hingga tak terlacak. Hanya saja tak diketahui korelasi penggunaan tank oleh perusahaan Migas itu.

Bahkan tank rongsokan hanyut ini sempat dicari-cari Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI. Bakamla juga menyelidiki asal muasal tank seperti yang disebutkan.

“Bakamla mendapatkan info dari media dan sedang didalami karena tidak ada personel atau aset Bakamla di lokasi. Kami sedang berkoordinasi (mencari keberadaan) dengan TNI AL lebih lanjut,” kata Kepala Bakamla Laksda TNI Aan Kurnia, Senin (20/12/2021) beberapa waktu lalu.

Dihubungi terpisah, Kadispen AL Laksma Julius Widjodjono juga bicara terkait benda mirip tank yang mengambang di Laut Natuna tersebut.

“Informasi hanyut. Mohon waktu untuk dianalisa lebih dalam. Keberadaan sedang dicari TNI AL,” kata Kadispen AL Laksma Julius Widjodjono saat dimintai konfirmasi, Senin (20/12/2021) lalu.

Sebelumnya, TNI Angkatan Laut (TNI AL) mengkonfirmasi bahwa benda tersebut tidak berbahaya.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul TNI AL buka suara soal tank misterius di perairan Kepulauan Riau, ada sabotase? – AEOmedia yang dipublish pada 28 December 2021 di website Berita Portal Online Terkini - AEOmedia.com

Leave a Comment