Garmin Forerunner 745

AEOMedia.com, Gadget – Forerunner 745, jam tangan GPS yang menargetkan para pelari dan atlet triathlon yang memerlukan perangkat pendamping.

Forerunner 745 dapat digunakan untuk memantau data secara terperinci, memberikan beragam latihan langsung dari perangkat, serta berbagai fitur smartwatch lainnya.

Jam tangan ini hanya berbobot 47 gram saja karena desainnya yang minimalis. Karena itu, ia juga cocok bagi pelari wanita dengan lingkar pergelangan tangan kecil.

Forerunner 745 menyediakan puluhan profil aktivitas bawaan, termasuk triathlon, berenang, lari di lintasan dan masih banyak lagi. Pengguna dapat dengan mudah berpindah dari satu aktivitas ke aktivitas lain hanya dengan menekan sebuah tombol saat berlomba maupun berlatih.

“Dengan desain compact untuk memudahkan latihan, Forerunner melacak setiap langkah saat lari, perjalanan saat bersepeda dan jarak tempuh saat berenang, mengombinasikan alat pemantauan performa yang dapat atlet andalkan,” ujar Scoppen Lin, Direktur Garmin Asia dalam keterangan tertulis.

Forerunner 745, kata Lin, juga memperbarui fitur rekomendasi waktu pemulihan dan pemantauan kesehatan untuk membantu para pelari dan atlet triathlon pemula melampaui kemampuan terbaik mereka.

Guna membantu para atlet lebih siap saat bertanding atau berlatih, Forerunner 745 dilengkapi alat pemantauan performa dari Firstbeat Analytics seperti VO2 max, beban latihan, status latihan, serta efek pelatihan aerobik dan anaerobik.

Dengan menautkan jam tangan ini ke Running Dynamics Pod atau Chest Heart Rate Monitor yang kompatibel, para pelari dapat melihat enam metrik lari langsung di jam tangan ini, yang termasuk tingkat kecepatan langkah per menit (cadence), panjang langkah per meter (stride length), dan masih banyak lagi.

Forerunner 745 juga memiliki dinamika canggih untuk membantu latihan bersepeda dan berenang. Ketika bersepeda, jam ini akan melacak data seperti keseimbangan kiri dan kanan, posisi duduk dan berdiri, platform center offset dan power phase.

Berdasarkan tingkat kesulitan latihan, fitur recovery time advisor akan memberi saran berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk beristirahat sebelum sesi latihan intensif. Perangkat ini juga menjelaskan faktor-faktor lain yang turut berpengaruh, seperti tingkat stres harian, kualitas tidur dan kegiatan sehari-hari.