Petenis Wanita Dunia Maria Sharapova akhirnya memutuskan untuk pensiun. Hal ini sudah resmi dan diumumkan dalam sesi wawancara dengan Vanity Fair.

Sharapova pensiun dini karena cedera bahu yang terus menghantui hingga membuatnya terlempar ke peringkat ke-373 dunia. Penampilannya tak kunjung konsisten dan itu dapat dilihat dari tiga kejuaraan Grand Slam terakhir dimana dia selalu gugur pada putaran pertama.

Kini Sharapova akan memulai babak baru dalam hidupnya. Pertama-tama, wanita berusia 32 tahun itu ingin menghabiskan waktu bersama keluarga.

“Ada beberapa hal sederhana yang benar-benar saya rindukan. Rasa ketenangan dengan keluarga saya, berlama-lama minum kopi di pagi hari, liburan akhir pekan yang tidak terduga, dan menjalani latihan pilihan saya (kelas dansa),” kata Sharapova dilansir laman WTA.

“Tenis menunjukkan kepada saya dunia yang sebenarnya. Begitulah cara saya menguji diri dan bagaimana mengukur pertumbuhan. Sekarang apa pun yang akan terjadi pada bab perjalanan hidup berikutnya, gunung selanjutnya, saya akan terus mendakinya. Saya masih akan terus tumbuh,” ucapnya.

Selama berkarier, Sharapova telah meraih lima gelar Grand Slam. Yang pertama diraihnya pada usia 17 tahun. Ketika itu Sharapova juara turnamen Wimbledon 2004.

Sharapova juga pernah dinobatkan sebagai ratu tenis dunia karena memuncaki peringkat satu WTA pada 2005 lalu. Total, dia sudah memenangkan 36 turnamen profesional dalam kariernya.