NII Crisis Center Khawatir Ada Kebangkitan Besar-besaran

NII Crisis Center Khawatir Ada Kebangkitan Besar-besaran – AEOmedia

AEOmedia.com: Kami merangkum informasi ini dari berbagai sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami dengan judul NII Crisis Center Khawatir Ada Kebangkitan Besar-besaran.

–Pemerintahan Afghanistan yang berhasil digulingkan kelompok Taliban direspons Ken Setiawan, seorang mantan teroris dan pendiri Negara Islam Indonesia (NII) Crisis Center. Sosok yang kini menjadi pengamat terorisme itu khawatir, gerakan Taliban membuat semangat kelompok radikal di Indonesia bangkit.

”Kalau dari sisi motivasi ini menjadi semangat kelompok-kelompok teman-teman yang sudah berhaluan radikal di Indonesia. Sebagaian di sini mereka mendukung bahkan turut merayakan kebangkitan Taliban,” tutur Ken Setiawan ketika dihubungi pada Kamis (26/8).

Ken mencontohkan dengan gerakan yang pernah berkibar di Indonesia, misalnya JI (Jamaah Islamiyah) dan JAD (Jamaah Ansharut Daulah). Dia merasa kelompok tersebut memang tidak berhubungan langsung dengan Taliban. Namun petinggi kelompok tersebut pernah menjadi militer Afganistan.

Baca juga :  Jika Taliban Kuasai Afghanistan, Inggris Mungkin Jalin Kerja Sama - AEOmedia

Menurut Ken, mereka secara pemikiran tak jauh berbeda. ”Walaupun Taliban ini akidahnya ahlusunah wal jamaah tapi permasalahannya, mereka bergaul dengan orang orang Salafi-Wahabi jadi akhirnya terkontaminasi juga dengan mereka (Taliban),” terang Ken Setiawan.

Menurut dia, kelompok-kelompok radikal di Indonesia jika bergaul dengan kelompok-kelompok yang terindikasi berakidah Salafi-Wahabi, akan memiliki pemikiran serupa. Mereka memahami bahwa tidak bisa menegakkan syariat Islam tanpa kekuasaan.

”Sehingga harus menggulingkan kekuasaan terlebih dahulu. Jadi tujuan mereka sebenarnya kekuasaan bukan dakwah yang seperti kita lihat pada umumnya dan potensi konfliknya cukup besar ketika berhadapan dengan kelompok nasionalisme moderat seperti NU. Ini sekali lagi kalau dibiarkan tidak menutup kemungkinan  bakal seperti Suriah, Libya, dan Afganistan,” beber Ken Setiawan.

Baca juga :  11 Tahun Mengungsi Ke Bogor Akibat Taliban Berkuasa di Tanah Kelahiran - AEOmedia

Dia bersyukur Indonesia memiliki konsep kearifan lokal dan Pancasila. Dia berharap agar pemerintah bisa memperkuat ideologi Pancasila di masyarakat. Pemerintah harusnya berusaha untuk membasmi ideologi yang mengarah pada paham radikal. Bukan hanya menangkap orang yang sudah terindikasi sebagai teroris.

”Seperti di Libya itu yang radikal atas nama agama hanya 10 persen yang 90 persen itu mendukung pemerintah tapi karena 10 persen itu dibiarkan bisa provokasi bisa menggulingkan kekuasaan,” tutur Ken Setiawan.
Dia menambahkan, pemerintah perlu membuat regulasi yang jelas dan tegas untuk bertindak agar apa yang terjadi dengan Taliban tidak terjadi di Indonesia.  ”Jadi ini ngeri. Bila tidak diantisipasi, tidak mustahil Indonesia akan seperti Suriah, Afganistan, atau Libya,” kata Ken Setiawan.

Baca juga :  Kaleidoskop 2021: Taliban Kembali Berkuasa di Afghanistan - AEOmedia

Kesimpulan
Dari sedikit informasi di atas semoga memberikan tambahan mengenai anda dari apa yang sajikan saat ini. Semoga artikel yang membahas NII Crisis Center Khawatir Ada Kebangkitan Besar-besaran Ini menjadikan anda semakin tertarik dengan sangat mudah dapat info detail dari internet.
[ad_2]
Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Dony

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul NII Crisis Center Khawatir Ada Kebangkitan Besar-besaran – AEOmedia yang dipublish pada 27 August 2021 di website Berita Portal Online Terkini - AEOmedia.com

Leave a Comment