Thursday, June 30, 2022
spot_img

Banyak Hadir di Motor Mahal, Ini Fungsi Assist and Slipper Clutch – AEOmedia

Must Read

AEOmedia.com | Otomotif: Banyak Hadir di Motor Mahal, Ini Fungsi Assist and Slipper Clutch, pada kesempatan kali ini AEOmedia.com akan membahas topik lain yaitu tentang Banyak Hadir di Motor Mahal, Ini Fungsi Assist and Slipper Clutch, Kami merangkum informasi ini dari Beragam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami dengan judul Banyak Hadir di Motor Mahal, Ini Fungsi Assist and Slipper Clutch.

– – Beberapa tahun belakangan, beberapa jenis kuda besi yang hadir di tanah air mulai dibekali dengan fitur assist dan slipper clutch.

Buat yang belum tahu, fitur salah satu fungsi assist dan slipper clutch untuk pengguna motor berkopling adalah bikin makin nyaman saat berkendara walau terjebak kemacetan. Kok bisa?

Baca juga :  Viral Puluhan Motor Kocar-kacir Diadang Pesepeda, Netizen Terbelah - AEOmedia

Dilansir dari situs resmi Astra Honda, assist dan slipper clutch bekerja pada kondisi berbeda. Assist clutch bekerja pada saat sepeda motor berakselerasi, sedangkan slipper clutch bekerja pada saat sepeda motor deselerasi.

Assist clutch berfungsi untuk membantu mengoptimalkan perpindahan tenaga dengan menghilangkan power loss pada kopling saat berakselerasi.

Sedangkan saat deselerasi Slipper Clutch berfungsi untuk mencegah roda belakang tergelincir atau slip ketika pengendara melakukan engine brake dengan menurunkan gigi secara ekstrem.


Rumah Kopling Sepeda Motor. (Facebook)
Rumah kopling sepeda motor. (Facebook)

Dengan teknologi ini beban clutch spring berkurang sehingga beban pengoperasian clutch lever menjadi berkurang.

Fungsi teknologi assist dan slipper clutch bagi pengendara antara lain sebagai berikut.

 

  • Dengan adanya assist pada kopling, handel jadi lebih ringan, sehingga tangan tidak mudah lelah  ketika di kemacetan
  • Dengan adanya slipper pada kopling, laju sepeda motor akan lebih mudah dikontrol ketika engine brake (deselerasi extrem), karena sistem slipper clutch akan mencegah roda belakang mengunci sehingga tidak akan terjadi slip.
  • Dengan teknologi Assist & Slipper Clutch, komponen gir, rantai dan ban jadi lebih awet karena hentakan saat engine brake berkurang.

Perlu diingat juga, agar kopling seluruh komponen sepeda motor tetap dalam kondisi prima dan bisa bekerja dengan sempurna, perlu dilakukan pemeriksaan dan penyetelan secara berkala.

Kesimpulan
Dari sedikit informasi di atas semoga memberikan tambahan pandangan anda dari apa yang sajikan saat ini. Semoga artikel yang membahas Banyak Hadir di Motor Mahal, Ini Fungsi Assist and Slipper Clutch Ini menjadikan anda semakin tertarik dengan sangat mudah dapat info detail dari internet.

Baca juga :  ABG Naik Motor Bertiga Santai Terobos Tol Jagorawi - AEOmedia

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Uang Suami Milik Istri, Apakah Benar atau Salah ?

Kali ini, Aeomedia menulis dalam bentuk percakapan dan diskusi antara orang-orang di dekat pintu: "Uang suami adalah istrinya, dan...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -