Sunday, May 22, 2022
spot_img

Pelaku Penggelapan 50 mobil Rental Tertangkap. Polisi ingatkan Wajib Pakai GPS mobil

Must Read

JAKARTA, AEOmedia – Polisi mengimbau kepada pengusaha rental mobil untuk memasang alat tracker gps di kendaraan yang disewa kepada orang lain. Langkah itu untuk antisipasi praktik penggelapan mobil. Imbauan itu disampaikan dalam jumpa pers pengungkapan komplotan penggelapan mobil rental.

Polisi menangkap MS, T, MZI, dan MLU yang menjual 50 mobil rental dan leasing sejak beraksi pada Oktober 2020 hingga Mei 2021. “Sebagai saran juga pada pegiat usaha rental mobil untuk bisa menyiapkan alat GPS pada kendaraan, agar mudah teridentifikasi,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus di Jakarta, Senin (24/5/2021). Kompas.com

Yusri mengatakan, pihaknya mengungkap kasus-kasus tersebut berdasarkan penyelidikan melalui media sosial dan juga pelacakan GPS.

Baca juga :  9 Manfaat Yang Bisa Anda dapatkan dari GPS Mobil

Ada satu mobil rental yang dipasang GPS sehingga penyidik mengetahui setiap pergerakan para tersangka. “Ada satu unit mobil yang dilengkapi keamanan dengan menggunakan GPS mobil.

Para pelaku ini mencoba mencari pengaman GPS kemudian dilepas oleh yang bersangkuan,” kata Yusri. Sebelumnya, Polda Metro Jaya menangkap seorang wanita inisal MS dan tiga anak buahnya, T, MZI dan MLU yang diduga melakukan penipuan dan penggelapan terhadap pengusaha rental mobil yang ada di Jakarta.

Setidaknya 50 unit mobil yang berhasil dijual kepada sejumlah orang dengan modus meminjam di rental dan cara lainnya. Ada dua cara atau modus yang dilakukan oleh MS dan ketiga anak buahnya. Pertama meminjam mobil kepada rental dalam jangka waktu sekitar satu bulan dengan harga yang bervariatif, terakhir Rp 6 juta.

Baca juga :  7 Tips Memilih GPS Mobil Yang Paling Bagus dan Akurat

Mobil sewaan kemudian dijual pelaku. “Itu untuk mobil Toyota Etios. Setelah disewa, dalam kurun waktu di tangannya itu sudah dijual oleh yang bersangkutan,” kata Yusri.

Modus lainnya, yakni mobil yang masih dalam proses kredit kemudian dijual oleh pelaku kepada orang lain. Kepada pembeli, pelaku mengaku bahwa BPKB sebagai bukti kepemilikan kendaraan akan diberikan lain waktu. “Kendaraanya yang dijual kepada orang-orang dengan harga memang murah.

Janji para tersangka kepada pembeli menyerahkan kendaran dan STNK, kemudian BPKB menyusul,” kata Yusri. Pihaknya awalnya menerima beberapa laporan dari para korban atau pengusaha rental mengenai mobil yang tak kunjung pulang.

Polisi kemudian melakukan penyelidikan dan mendapatkan ada salah satu mobil yang pernah disewa pelaku kemudian dijual di media sosial Facebook dengan harga murah. “Menjual dengan menggunakan akun palsu. Harga mobil di bawah pasaran. Mobil Etios itu. Kemudian kita undercover (menyamar) sebagai pembeli. Setelah itu sudah sesuai harga Rp 35 juta, saat transaksi kemudian mengamankan tersangka yang lain,” tutup Yusri.

Baca juga :  5 Aplikasi GPS Mobil Terbaik yang Bisa Kamu Download Gratis

 

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Inilah Game Dekor Rumah yang Paling Menarik Untuk Dimainkan

Memang akan sangat mengasyikan jika bisa bermain game yang isinya bercerita tentang aktivitas sehari-hari seperti di kehidupan nyata. Kerennya...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -