Sunday, May 22, 2022
spot_img

Ini Alasan WhatsApp Terancam Diblokir di Indonesia

Must Read

AEOMedia.com, Jakarta – WhatsApp yang hadir sebagai aplikasi pesan instan bagi pengguna smartphone, kini mulsi berubah kebijakan untuk pemakainya. Padahal banyak yang sudah nyaman dalam menggunakannya, karena bisa mengirim pesan dalam bentuk apa saja. Bisa dengan tulisan, suara, video, foto, dokumen, dan lain sebagainya.

Kini Aplikasi pesan instan milik Facebook, WhatsApp, terancam diblokir di Indonesia. Hal itu terkait langkah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang melakukan pembaruan untuk melengkapi data-data.

Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) harus mendaftar ke Kominfo sesuai dengan Peraturan Menteri Kominfo No 5 Tahun 2020 tentang Tata Kelola Penyelenggara Sistem Elektronik.

Tujuan pendaftaran itu terkait keamanan pengguna platform tersebut, dimana aturan ini sebenarnya sudah ada sejak lama.

Baca juga :  #Cara Sadap Whatsapp Tanpa Verifikasi Terbaru 100% Work Banget

Pada situs Direktorat Tata Kelola Aptika, terdapat 3061 PSE dalam kolom Daftar Sistem Elektronik Lama. Sementara untuk yang terdaftar sampai saat ini berjumlah 129 PSE.

Belum ada nama-nama platform digital seperti WhatsApp, Facebook dan Twitter baik di daftar lama dan daftar baru PSE. Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan pemblokiran itu berlaku jika platform tak terdaftar hingga akhir Mei 2021.

Dilansir dari tim Akurat.co sudah mencoba menanyakan ke perwakilan WhatsApp di Indonesia. Namun hingga berita ini dimuat, belum ada tanggapan.

Sebelumnya, WhatsApp meminta pengguna mereka untuk mematuhi persyaratan baru.

Pengguna WhatsApp yang tidak menerima syarat dan ketentuan terbaru aplikasi sebelum batas waktu 15 Mei tidak akan dapat membaca atau mengirim pesan.

Baca juga :  Terbaru, Whatsapp Tetap Gratis Dan Tanpa Iklan

Aturan baru tersebut yakni mengijinkan Facebook dan WhatsApp untuk berbagi informasi terkait data pembaharan dan transaksi. Hal ini akan digunaka untuk mentargetkan iklan, sebagai upaya mengembangkan jasa ecommerce tentu saja pengguna meradang dengan kekhawatiran data pribadi bocor dan disalah gunakan.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Inilah Game Dekor Rumah yang Paling Menarik Untuk Dimainkan

Memang akan sangat mengasyikan jika bisa bermain game yang isinya bercerita tentang aktivitas sehari-hari seperti di kehidupan nyata. Kerennya...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -