Pelatih Persib

AEOMedia.com, Liga Indonesia – Dokter Persib M Rafi Ghani mengatakan, Robert meninggalkan Rumah Sakit Borromeus, Sabtu (25/7/2020). Meski sudah boleh kembali ke rumah, Robert masih perlu memulihkan kondisinya hingga 100 persen agar siap beraktivitas lagi.

“Coach sudah merasa lebih baik, meskipun masih merasa mudah lelah. Tapi, itu bagian dari pemulihan dan sudah meninggalkan rumah sakit,” kata Rafi.

Rafi berharap pelatih Persib asal Belanda itu bisa segera beraktivitas normal. Terlebih persoalan yang membuat Robert mendapat serangan jantung sudah teratasi dengan operasi pemasangan ring dan balon.

“Karena permasalahannya sudah teratasi, semoga cepat pulih,” ucapnya.

Robert Alberts mengalami serangan jantung, Selasa (21/7/2020) dini hari WIB. Sehari sebelum mendapat penanganan dari rumah sakit, dia sempat mengeluh nyeri dada dan kesemutan di lengan bagian tubuh kiri.

Rafi kemudian menjadwalkan pemeriksaan. “Hari senin saya dan coach (Robert) langsung melakukan pemeriksaan karena apa yang dikeluhkan ciri-ciri gejala awal gangguan jantung. Setelah pemeriksaan elektrokardiografi atau EKG di dokter spesialis jantung, dan saat itu hasilnya baik,” kata Rafi.

“Setelah pemeriksaan itu disarankan untuk pemeriksaan lanjutan. Rencana Selasa pagi jam 08.00 untuk pemeriksaan CT Scan jantung karena hari Senin penuh. Namun, jam 04.30 saya dapat kabar coach serangan jantung dan langsung dibawa ke RS Borromeus,” sambungnya.

Setelah mendapat pemeriksaan, Robert mengalami gejala penyakit jantung koroner. Tim medis kemudian melakukan operasi kurang lebih 1 jam 30 menit untuk pemasangan kateter (balon) dan ring pada jantungnya.

“Dipasang tiga balon dan satu ring. Alhamdulillah setelah observasi hasilnya baik,” ungkap Rafi.

Jajaran komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) sempat menjenguk pelatih. Mereka mendoakan sang pelatih cepat pulih dan bisa beraktivitas seperti biasa.

Jajaran manajemen yang datang yaitu Zainuri Hasyim, Umuh Muchtar dan Kuswara S Taryono. “Kami berharap kamu bisa lekas sembuh dan kembali beraktivitas lagi bersama tim,” kata Umuh.