Hari ketiga tes Motogp 2020 di Qatar merupakan mimpi buruk bagi tim Repsol Honda. Setelah beberapa kali mendapatkan hasil buruk.

Rider andalan Marc Marquez melakukan hal unik dengan meminjam motor lawas Honda di tim satelit. Motor yang dipinjam adalah Honda RC213V versi 2019 yang akan dipakai Takaaki Nakagami untuk MotoGP 2020.

Marquez ingin mengetes sesuatu yang menjadi masalah Honda sejak tes pramusim di Sepang.

Ternyata, banyak hal yang ditemukan Marc Marquez dan Honda ketika menjajal motornya Takaaki Nakagami.

Masalah yang ada di motor baru Honda sudah diketahui. Honda dikabarkan melakukan kesalahan dalam pengembangan motor baru, ini yang didalami Marc Marquez dengan meminjam motor Takaaki Nakagami.

“Kami mencoba beberapa part 2019 dengan motor baru. Banyak perpaduan, termasuk sisi aerodinamika,” ungkap bos tim Repsol Honda, Alberto Puig, dilansir GridOto.com dari Corsedimoto.com.

“Ini soal bagaimana kami menemukan masalahnya dan kami akhirnya menemuakannya. Ini adalah hal yang paling penting dalam tes pramusim,” tegasnya.

Marc Marquez cukup sumringah masalah yang dialaminya dan juga pembalap Honda lain sudah diketahui. “Hari ini kami memahami semuanya. Aku ingin berterimakasih ke Honda, semua tim dan mekanik yang sudah bekerja dengan hebat,” ungkap Marc.

Marc Marquez dan Alberto Puig sendiri tidak membocorkan apa kesalahan motor baru Honda yang akhirnya sekarang sudah diketahuinya.

Hanya menyebutkan masalahnya sudah diketahui, tanpa menjelaskan detailnya.

“Aku merasakan percaya diri di motornya lagi, aku merasa motor ini jadi milikku lagi. Kami memperbaiki cara masuk dan saat motor melalui di tengah tikungan, begitu juga keluar tikungan dengan lebih cepat, Cal Crutchlow juga mencoba cara ini pada akhir sesi,” tegas Marc Marquez.

Yang pasti sekarang Marquez dan Honda sudah tahu apa yang harus dilakukan.

Balapan pertama MotoGP akan digelar dalam 2 pekan mendatang, 6-8 Maret di sirkuit Losail, Qatar.