Beban Kesehatan Mental Selama Pandemi, Psikolog Jadi Ujung Tombak – AEOmedia

  • Whatsapp
Beban Kesehatan Mental Selama Pandemi, Psikolog Jadi Ujung Tombak

AEOmedia.com: Beban Kesehatan Mental Selama Pandemi, Psikolog Jadi Ujung Tombak, beraneka macam berita terbaru cara sehat memang tidak akan pernah ada habisnya jika di bahas, dan uniknya lagi selalu ada hal baru di dalam dunia olahraga, maka dari itu AEOmedia.com Akan membahas yang sedang unik di perbincangkan yaitu Beban Kesehatan Mental Selama Pandemi, Psikolog Jadi Ujung Tombak.

– – Pandemi Covid-19 tidak dipungkiri membuat perekonomian di segala sektor terpukul. Pemutusan hubungan kerja massal berujung persoalan rumah tangga karena pembatasan sosial membuat masyarakat mengalami stres. Tak heran masalah kesehatan mental menjadi beban tersendiri.

Read More
Baca :  Menkes Deg-degan Embargo Vaksin, Ahli: Minta Sinovac Tambah Stok - AEOmedia

Di masa-masa sulit seperti ini, peran psikolog menjadi penting. Dalam Kongres Nasional IV Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia, dijelaskan bahwa pandemi Covid-19 yang telah merubah tatanan kehidupan masyarakat. Tak hanya telemedicine, konsultasi dengan psikolog klinis kini juga mulai dilakukan dengan secara online.

“Kebutuhan terhadap layanan kesehatan mental tidak lagi sebagai kebutuhan sampingan namun sebagai kebutuhan yang fundamental yang artinya peran psikolog klinis justru akan selalu dibutuhkan,” kata Ketua Umum Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia dan Psikolog Indria Laksmi Gamayanti secara virtual, Kamis (25/11).

Menurutnya, psikolog klinis membahas berbagai kondisi internal dan eksternal dari manusia agar dapat mendukungnya untuk bertumbuh dan menghindar (terhindar) dari berbagai hal merugikan dalam kehidupan.

Baca :  Anak di Bawah 12 Tahun Bisa Masuk Bioskop, Sutradara Sambut Gembira - AEOmedia

“Oleh sebab itu, layanan psikologi yang dibutuhkan oleh masyarakat tidak hanya berbatas pada cara lama dan baku serta harus dengan tatap muka,” katanya.

Menurutnya dampak perubahan era juga memaksa profesional kesehatan mental seperti psikolog klinis untuk beradaptasi. Era masyarakat 5.0 ditambah adanya pandemi Covid-19 menjadi katalisator perubahan yang sangat cepat.

“Perubahan kondisi yang drastis membuat banyak individu mengalami permasalahan dalam beradaptasi sehingga pada akhirnya mengalami permasalahan kesehatan mental,” katanya.

Sehingga, dampaknya juga dirasakan psikolog klinis dalam menjalankan peran sebagai praktisi dalam menangani kesehatan mental masyarakat dan akademisi yang mempromosikan serta mengedukasi kesehatan mental di tengah masyarakat.

Psikolog klinis juga berperan menambah informasi, pengetahuan dan terbuka mengenai berbagai kondisi dan trend masa kini khususnya berkaitan dengan perubahan yang terjadi di masyarakat yang berdampak pada kesehatan mental.

Baca :  Sebanyak 545 Dokter Telah Gugur karena Covid-19 sepanjang Pandemi - AEOmedia

“Psikolog klinis juga memiliki peran besar untuk melibatkan diri secara aktif dalam kerja nasional yang mendukung pemerintah mengupayakan pemberdayaan bangsa untuk membangun masyarakat Indonesia yang unggul dan sehat mental,” jelas Laksmi.

Kesimpulan
Dari sedikit keterangan di atas semoga memberikan tambahan pikiran seputar dunia sehat itu nikmat dari seluruh dunia. Semoga artikel yang membahas Beban Kesehatan Mental Selama Pandemi, Psikolog Jadi Ujung Tombak Ini menjadikan anda tambah tertarik

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin.
Repost for: AEOmedia.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *