Ada Laporan Kematian Pada Komorbid Usai Vaksinasi, Ini Kata Kemenkes

Ada Laporan Kematian Pada Komorbid Usai Vaksinasi, Ini Kata Kemenkes – AEOmedia

AEOmedia.com: Ada Laporan Kematian Pada Komorbid Usai Vaksinasi, Ini Kata Kemenkes, beraneka ragam portal properti memang tidak akan pernah ada habisnya jika di bahas, dan uniknya lagi selalu ada hal baru di dalam dunia sehat, maka dari itu AEOmedia.com Akan membahas yang sedang unik di perbincangkan yaitu Ada Laporan Kematian Pada Komorbid Usai Vaksinasi, Ini Kata Kemenkes.

– Sejumlah daerah melaporkan beberapa kejadian kasus kematian pada kelompok komorbid yang meninggal dunia usai vaksinasi Covid-19. Meski begitu, Kementerian Kesehatan dan juga Komnas Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) menegaskan bahwa kejadian itu bukan karena vaksinasi.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan berulang kali pihaknya sudah menyampaikan dalam kriteria vaksinasi. Setiap komorbid atau memiliki riwayat penyakit wajib melakukan skrining sebelum vaksinasi.

Baca juga :  Dinilai Tak Manjur, Warga Brasil Tolak Sinovac, Pilih Vaksin Barat - AEOmedia

“Jadi beberapa pertanyaan yang sudah dijawab. Nah ini tentunya harus ada kejujuran dari orang atas menjawab pertanyaan,” katanya.

Baca Juga: Dinkes Sulsel Investigasi Warga Meninggal setelah Sepekan Divaksinasi

Misalnya pada penyakit-penyakit tertentu seperti jantung, kanker, gangguan pembekuan daran, maka wajib memeriksakan diri dulu ke dokter yang merawat selama ini. Lalu nanti akan diberikan surat kelayakan menerima vaksin dari dokter.

“Wajib ada surat dokter, diserahkan kepada petugas,” katanya.

Lalu Nadia menegaskan jika seseorang ternyata ada penyakit bawaan namun tak tahu jika dirinya memilikinya, maka risiko ditanggung sendiri. “Ya itu resiko yang ditanggung mereka kalau nanti terjadi efek samping kan kami sudah mengimbau,” kata Nadia.

Baca juga :  Orang Tua Wajib Ingatkan Anak Patuh Prokes Saat Divaksin Covid-19 - AEOmedia

Lalu selain syarat-syarat tersebut, ada 5 syarat lainnya bagi lansia. Jika kelima syarat itu tak lolos, maka lansia sulit divaksinasi. Apa saja?

1. Sulit Naik Tangga

Apakah anda mengalami kesulitan untuk naik 10 anak tangga?

2. Kelelahan

Apakah Anda sering merasa kelelahan?

3. Punya 11 Penyakit

Apakah memiliki paling sedikit lima dari 11 penyakit. Misalnya penyakit diabetes, kanker penyakit paru kronis, serangan jantung, nyeri dada asma, nyeri sendi, stroke dan penyakit ginjal.

“Jadi minimal kalau memiliki 5 dari 11 tak bisa divaksinasi. Kalau punya 4, berarti masih tidak dan boleh divaksinasi,” tegas Nadia.

4. Tak Sanggup Jalan Jauh

Kemudian apakah mengalami kesulitan berjalan kira-kira 100 sampai dengan 200 meter?

Baca juga :  Salah Narasi soal Video Vaksinasi Covid-19 di Israel - AEOmedia

5. Berat Badan Menurun

Kemudian adanya penurunan berat badan yang signifikan dalam 1 tahun terakhir.

Kesimpulan

Jika dari lima pertanyaan tadi terdapat tiga atau lebih jawaban ‘ya’ maka vaksin tidak dapat diberikan.
Tapi jika hanya 1-2 jawaban ‘ya’ maka vaksin bisa dapat diberikan selain tetap dilengkapi surat dokter juga.

Kesimpulan
Dari sedikit berita di atas semoga memberikan tambahan pendapat seputar kesehatan vaksin dari seluruh dunia. Semoga artikel yang membahas Ada Laporan Kematian Pada Komorbid Usai Vaksinasi, Ini Kata Kemenkes Ini menjadikan anda tambah tertarik

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin.
Repost for: AEOmedia.com

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Ada Laporan Kematian Pada Komorbid Usai Vaksinasi, Ini Kata Kemenkes – AEOmedia yang dipublish pada 25 March 2021 di website Berita Portal Online Terkini - AEOmedia.com

Leave a Comment