Hati-hati! VTube Masih Termasuk Investasi Ilegal

AEOMedia – Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) Tongam L Tobing dengan tegas mengatakan bahwa Vtube masih ada dalam daftar investasi ilegal. Dia juga meminta Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) untuk memblokir aplikasi tersebut.

“Iya masih masuk daftar investasi illegal. Kita juga meminta Kemkominfo untuk blokir situs dan aplikasi,” ujar dia saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (25/2/2021).

Ia menuturkan, Vtube harus memperbaiki model bisnis dan izin jika ingin beroperasi. Sebelumnya Vtube mengajukan izin untuk jasa periklanan. Tongam menuturkan, Vtube yang dikembangkan oleh PT Future View Tech ini perlu mendapatkan izin dari otoritas lain dan harus memenuhi beberapa syarat.

Antara lain Vtube harus memakai mata uang rupiah dalam transaksi. Kedua, Vtube dilarang menerapkan kode referral.

Baca juga :  Ke AS, Erick Thohir Jajaki Kerja Sama Energi, Kesehatan, dan Investasi - AEOmedia

“Tidak boleh referel seperti multilevel marketing. Itu Vtube diberikan komisi,” kata dia.

Tongam menambahkan, Vtube juga harus menertibkan komunitas-komunitas Vtube di dunia maya. Tongam mengatakan, pihaknya tidak membatasi inovasi digital dalam keuangan. Akan tetapi, inovasi yang dilakukan harus sesuai ketentuan dan tidak merugikan masyarakat.

“Satgas Waspada Investasi mendorong investasi berizin sehingga juga memberikan kontribusi kepada ekonomi. Ini sepanjang legal dan tidak merugikan,” ujat dia.

Selain itu, Tongam juga meminta peran masyarakat terutama ketika mendapatkan tawaran imbal hasil tinggi saat berinvestasi. Hal ini mengingat ada masyarakat yang sudah mengetahui imbal hasil investasi tidak masuk akal tetapi masih nekat untuk ikut mendapatkan keuntungan.

Baca juga :  Ketua KPK Minta Kepala Daerah Mudahkan Investor Untuk Berinvestasi - AEOmedia

Ia mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan tidak mudah tergiur imbal hasil investasi yang tidak rasional. “Perlu meningkatkan literasi masyarakat soal investasi dan penghimpunan dana. Mereka cenderung ikut-ikutan karena imbal hasil besar. Satgas Waspada Investasi fokus untuk memberikan edukasi,” kata dia.

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Hati-hati! VTube Masih Termasuk Investasi Ilegal yang dipublish pada 25 February 2021 di website Berita Portal Online Terkini - AEOmedia.com

Leave a Comment