Javi Martinez

AEOMedia.com, Europa League – Duel Bayern vs Sevilla terjadi pada Piala Super Eropa yang berlangsung di Puskas Arena, Hungaria, Jumat (25/9/2020) dini hari WIB. Kedua tim bermain imbang 1-1 hingga dua kali 45 menit, yang memaksa babak tambahan digelar.

Pada paruh pertama babak tambahan, Bayern mencetak gol keduanya lewat kepala Martinez. Pemain yang baru dimasukkan pada menit ke-99 itu berhasil membobol gawang Sevilla lima menit usai turun ke lapangan.

Gol Martinez tersebut membuat kedudukan berubah 2-1 untuk Bayern dan bertahan hingga babak tambahan tuntas. Die Roten sah menjadi kampiun Piala Super Eropa 2020.

Khusus buat Javi Martinez, gol kemenangan yang dia buat di babak tambahan mengulangi pencapaiannya tujuh tahun lalu. Kala itu, dia juga menjadi pahlawan Bayern Munich di laga Piala Super Eropa 2013 kontra Chelsea.

Pada laga tersebut, Bayern dan Chelsea juga memainkan babak tambahan usai kedua tim bermain imbang 1-1 selama waktu normal. Die Roten kemudian tertinggal 1-2 usai The Blues mencetak gol di menit ke-93.

Di saat paruh kedua babak tambahan mendekati menit-menit akhir, Martinez tampil sebagai penyelamat Bayern. Pemain yang baru masuk di babak kedua itu membobol gawang Chelsea lewat bola sepakannya, sekaligus membuat kedudukan menjadi sama kuat 2-2.

Duel kedua tim selanjutnya harus ditentukan lewat adu penalti. Bayern keluar sebagai juara setelah mengalahkan Chelsea 5-4 di babak tos-tosan.

Kenangan tujuh tahun itu rupanya masih membekas di ingatan Martinez usai laga Bayern vs Sevilla. Dia mengaku bahagia bisa kembali mengantarkan timnya meraih trofi Piala Super Eropa untuk kedua kalinya.

“Saya selalu memberikan 100 persen buat Bayern dan saya menunjukannya hari ini. Bahkan jika saya hanya bermain 10 atau 15 menit, saya berusaha membantu tim dan saya melakukannya hari ini dengan gol saya,” kata Javi Martinez kepada Sky Sports.

“Saya sangat senang memenangkan trofi ini untuk kedua kalinya. Saya juga mencetak gol di tahun 2013, jadi ini adalah malam yang luar biasa,” ucapnya soal menjadi pahlawan kemenangan Bayern Munich di Piala Super Eropa.