Aji Santoso

AEOMedia.com, Liga Indonesia – Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso melihat kans adanya bursa transfer sangat tipis. ’’Jadwal pertandingan saja terlalu mepet. Saya rasa tidak memungkinkan ada bursa transfer,’’ kata pelatih 50 tahun itu kepada Jawa Pos.

Sedangkan Liga 1 2020 bergulir selama 20 pekan. Padahal, masih ada 31 laga yang harus dilakoni 18 tim peserta. Artinya, bisa jadi tidak ada waktu jeda saat putaran pertama tuntas. Padahal, jeda kompetisi cukup penting. Sebab, aktivitas bursa transfer biasanya dilakukan saat jeda tersebut.

Kalaupun ada bursa transfer, Aji menyebut aktivitasnya tidak akan berjalan maksimal. Proses pembelian pemain tidak bisa seperti bursa transfer pada umumnya. Terutama untuk pemain lokal. ’’Karena hampir semua pemain lokal pasti sudah melakukan renegosiasi kontrak dengan klub sampai akhir musim. Jadi, semua pemain dalam posisi sudah terikat kontrak,’’ jelas bapak lima anak tersebut.

Hal itulah yang membuat bursa transfer tidak maksimal. Sebab, klub tidak bisa leluasa memilih pemain sesuai kebutuhan tim. Belum lagi, setiap pelatih akan lebih disibukkan dengan pertandingan yang mepet. Termasuk Aji. Sebab, dalam 20 pekan, Green Force –julukan Persebaya– harus melakoni 32 laga. Artinya, mereka akan bertanding tiga kali dalam sepekan.

Karena itu, Aji tidak akan kaget jika nantinya Liga 1 2020 tanpa bursa transfer. ’’Saya kira cukup wajar,’’ katanya. Kalaupun ada bursa transfer, setiap tim mungkin hanya bisa mendatangkan pemain yang tengah berstatus tanpa klub.

’’Ataupun pemain yang tidak bermain di Liga 1. Itu masih bisa didatangkan. Kalau pemain asing saya tidak tahu bagaimana nantinya,’’ tambah pelatih asal Kabupaten Malang tersebut.

Nah, dengan kondisi seperti itu, Aji ogah mengeluh. Dia mengaku siap saja kalau memang tidak ada bursa transfer yang dilakukan musim ini. ’’Kami akan maksimalkan pemain yang ada. Nggak masalah,’’ tegas mantan pelatih Persela Lamongan tersebut. Saat ini, skuad Persebaya untuk Liga 1 2020 dihuni 28 pemain. Jumlah yang cukup ideal untuk mengarungi kompetisi.

Apalagi, Aji sering melakukan rotasi pemain. Itu jadi salah satu solusi untuk mengatasi jadwal padat musim ini. Rotasi tersebut pernah diterapkan Aji dalam sembilan laga pemungkas Green Force di Liga 1 2019. Nyaris seluruh pemain diturunkan. Hasilnya cukup impresif. Persebaya tak terkalahkan. Meraih tujuh kemenangan dan dua hasil imbang.

Hanya, sejauh ini belum ada kepastian kapan latihan akan digelar. Tapi, sebagai pelatih, Aji berharap latihan sudah bisa digelar setidaknya dua bulan sebelum kompetisi dimulai. Artinya, bulan depan latihan sudah harus dilakukan. ’’Kami ikuti saja program dari tim pelatih. Kalau memang diminta untuk segera berlatih, saya siap,’’ ucap gelandang muda Persebaya Hambali Tholib.