Salah satu situs Streaming ternama IndoIIX sudah menyatakan diri menutup layanan mereka per 1 Januai 2020 kemarin. tentu banyak sekali orang yang sedih dengan ditutupnya IndoXXI.

Nama IndoXXI mencuat setelah survei YouGov menyebutnya sebagai situs yang paling banyak jadi rujukan para pengunduh film ilegal di Indonesia. Hasil survey menunjukkan 63 persen konsumen daring di Indonesia menonton film lewat web streaming atau situs torrent, dengan nama IndoXXI sebagai situs favorit.

Akibatnya, pengelola situs menutup layanan mereka pada 1 Januari lalu. IndoXXI mengungkapkan penutupan ini dilakukan untuk mendukung industri kreatif Tanah Air.

Di satu sisi, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengaku pihaknya tidak memblokir situs film streaming ilegal itu. Menkominfo Johnny G. Plate mengatakan penutupan situs IndoXXI karena kesadaran pengelola situs.

“Tidak [diblokir], salah juga terminologinya. IndoXXI menyadari bahwa mengedarkan film-film legal itu tidak boleh dan mereka melalui inisiatif sendiri untuk menutup streaming itu,” kata Johnny kepada CNNIndonesia.com (9/1).

Beberapa situs streaming seperti GudangMovies21, Bioskop Kerenin, dan Dunia Film, Situs GudangMovies21 sudah tidak bisa akses saat dicek, Jumat (24/1). Padahal, sebelumnya situs-situs ini masih sempat beroperasi pada 2 Januari lalu.

Namun, Anda tetap bisa menikmati film secara streaming dengan berlangganan video legal. Beberapa layanan seperti HOOQ dan iFlix menyediakan beberapa film gratis tanpa harus membayar biaya berlangganan. Namun, tentu film gratis yang disediakan biasanya film lawas dan jumlahnya terbatas.

1. Viu
2. Netflix
3. Iflix
4. HOOQ

Kendati demikian, masih ada sejumlah situs yang menawarkan layanan streaming film ilegal masih dapat diakses, seperti:

1. Project Free TV
2. Studio XX1
3. Pusat Film 21
4. Studio Film 21
5. Rebahin
6. IndoXX1
7. Movie Gan
8. Juragan Film
9. Go Stream
10. Film BagoesXX1

Beberapa aplikasi juga menyediakan film bioskop yang bisa di streaming gratis lewat Google Play Store:

1. Cinema Box
2. Layar21indo
3. Movie21
4. NOntonHub XXI
5. BioskopKeren

Layanan streaming film memang banyak beredar dan bebas diunduh di Play Store. Pengamat keamanan siber dari Communication Information System Security Research Center (CISSReC) Pratama Persadha menyebut peredaran aplikasi streaming ini lebih marak di Play Store ketimbang App Store. Sebab, pengawasan Google relatif tak seketat Apple.

Pratama pun mengingatkan kepada pengguna kalau menggunakan platform ilegal dan streaming ilegal selalu mempunyai risiko keamanan seperti terpapar malware dan virus.