warna cat tembok rumah yang bagus

Pilihlah Warna Cat Tembok Rumah Yang Bagus Untuk Ciptakan Mood

Sejak dulu telah diakui bahwa warna bisa mempengaruhi suasana tempat dan mood seseorang. Warna cat tembok rumah yang bagus bisa mendukung hal ini karena memiliki aneka gradasi warna untuk variasinya. Gelap, terang, warna pastel, warna tanah, warna langit semuanya bisa menjadi alternatif pilihan setiap ruangan berbeda, tergantung mood yang akan diciptakan.

Cara Memilih Warna

Setiap ruangan bisa memiliki warna berbeda tergantung kesukaan penghuninya atau sesuai dengan mood yang ingin diciptakan. Desain warna bisa dibuat untuk keseluruhan rumah atau dibagi per ruangan tergantung peruntukannya. Setiap warna memiliki ke-khas-an sendiri untuk disesuaikan, simak penjelasannya Warna cat tembok rumah yang bagus berikut ini:

1. Pilih Warna Kesukaan

Pilihlah warna kesukaan sebagai warna dominan yang utama lalu pilihlah warna variasinya dengan memperhatikan palet warna yang tersedia. Warna dominan bisa dikombinasikan dengan gradasi warna yang sama misalnya biru muda, tua dan biru pupus. Tapi juga bisa dipadukan dengan warna lain misalnya dengan putih, sedikit aksen kuning dan sebagainya.

2. Sesuaikan dengan Tipe Ruangan

Warna juga bisa ditentukan sesuai jenis peruntukan ruangan misalnya warna netral untuk ruangan resmi, warna ceria untuk kamar anak, warna terang untuk dapur dan variasi lainnya. Sebagai variasi warna bisa bermain dengan gradasi dan aksen.

Baca juga :  Paduan Putih-Biru Beri Vibes Liburan - AEOmedia

3. Sesuaikan dengan Perabot

Agar warna cat tembok yang bagus itu tidak bertabrakan dengan warna atau banyaknya perabot dalam ruangan, gunakanlah aturan 60-30-10 yang berarti 60% warna dominan sebagai warna tembok, 30% warna kedua sebagai warna perabot dan 10% warna ketiga yang berfungsi sebagai aksen atau dekorasi.

4. Jangan Lebih dari Tiga Warna

Agar tidak terlihat terlalu ramai, jagalah agar dalam satu ruangan tidak memiliki kombinasi lebih dari tiga warna (rule of three). Karena malah akan membuat ruangan terasa sumpek dan kacau. Tiga warna yang dipilih itu juga harus warna yang bisa saling menyesuaikan jangan yang bertabrakan.

Arti Warna

Untuk menciptakan mood yang tepat haruslah mempelajari sifat atau arti dari warna tersebut. Karena walaupun dasar warnanya sama, dengan gradasi berbeda maka mood yang tercipta juga berbeda. Simak penjelasannya berikut ini:

Baca juga :  Sentuhan Tosca Segarkan Suasana Rumah Sandra Irawati - AEOmedia

1. Warna Netral

Warna netral seperti putih, beige, abu pucat dan biru pupus adalah warna netral yang sering dipakai untuk ruangan umum. Maksudnya agar tidak terlihat terlalu dominan terhadap aneka perabot atau hiasan yang ada di ruangan yang mungkin ingin ditonjolkan. Warna netral juga membuat ruangan terlihat lebih cerah karena terkesan bersih.

2. Warna Menenangkan

Warna dengan nada biru sejak dulu dipercaya memberikan ketenangan walaupun bisa diberikan aksen warna lain untuk membuatnya lebih ceria misalnya kuning. Bukan hanya tembok tapi juga plafon bisa diberikan warna biru sebagai variasi. Gradasi warna biru “Periwinkle” (biru agak keunguan) terpilih sebagai warna Pantone 2022 karena keunikan warnanya.

3. Warna Ceria

Jika ingin membuat ruangan terasa ceria, warna cat tembok yang bagus adalah kuning, orange, pink atau merah atau gradasinya. Karena warna ini cenderung tampil dominan, perabot di ruangan lebih cocok yang minimalis agar tidak terkesan terlalu ramai dan bertabrakan. Alternatif lain adalah dengan memilih gradasi lebih terang agar tidak terlalu dominan.

4. Warna Alam

Warna alam bisa terbagi dua yaitu warna hijau atau warna tanah. Aneka gradasi warna hijau membuat ruangan terasa adem khususnya gradasi hijau muda yang bisa divariasikan dengan warna terang lain untuk tampil cantik. Sedangkan warna tanah seperti aneka gradasi warna coklat, abu dan hitam bisa dijadikan aksen yang bagus untuk ruangan resmi karena kesan berwibawa yang ditimbulkannya.

Baca juga :  Laminate Flooring, Material Lantai Ramah Lingkungan - AEOmedia

5. Warna Glamor

Seperti juga pakaian, warna ungu sering diidentikkan dengan warna berkelas mewah atau glamor karena sering digunakan oleh orang “kelas atas” sejak dulu. Warna ungu gelap biasanya diberikan akses warna perak atau emas hingga terkesan mewah. Namun warna ungu muda seperti lavender justru memberikan sentuhan berkelas yang halus.

Dengan banyaknya alternatif gradasi Warna cat tembok rumah yang bagus juga tersedia di pasaran, tidak sulit untuk menciptakan mood berbeda di setiap ruangan di hunian mereka. Tinggal melihat gradasi mana yang lebih sesuai dengan keinginan penghuninya, mood apapun bisa tercipta dengan mudah. Imbangilah dengan interior yang ada agar tidak bertabrakan.

 

 

Dony

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Pilihlah Warna Cat Tembok Rumah Yang Bagus Untuk Ciptakan Mood yang dipublish pada 25 April 2022 di website Berita Portal Online Terkini - AEOmedia.com

Leave a Comment