Sebelum Bawa Keluarga ke RS, Konsultasikan Medis Lewat Telemedicine

Boleh Isoman di Rumah, Pasien Omicron Optimalkan Layanan Telemedicine – AEOmedia

AEOmedia.com: Boleh Isoman di Rumah, Pasien Omicron Optimalkan Layanan Telemedicine, beraneka ragam portal sehat itu mudah memang tidak akan pernah ada habisnya jika di bahas, dan uniknya lagi selalu ada hal baru di dalam dunia olahraga, maka dari itu AEOmedia.com Akan membahas yang sedang unik di perbincangkan yaitu Boleh Isoman di Rumah, Pasien Omicron Optimalkan Layanan Telemedicine.

– Pasien konfirmasi Omicron saat ini bisa melakukan isolasi mandiri (Isoman) di rumah sesuai syarat yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan. Selain harus memiliki rumah yang layak dengan segala persyaratannya, pasien juga harus diawasi oleh puskesmas dan tenaga kesehatan serta mengoptimalkan telemedicine.

Ketentuan tersebut tercantum dalam Surat Edaran Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.01/MENKES/18/2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian Kasus COVID-19 Varian Omicron yang ditetapkan pada 17 Januari 2022.

“Ketentuan pencegahan dan pengendalian Covid-19 sekarang mengacu pada surat edaran yang baru, salah satunya tentang isolasi mandiri,” kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi di Jakarta baru-baru ini.

Baca juga :  Pasien Covid-19 Isoman Disarankan Rutin Buka Jendela, Ini Alasannya - AEOmedia

Dalam surat edaran baru ditetapkan bahwa pasien konfirmasi Covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan dapat melakukan isolasi mandiri jika memenuhi syarat klinis dan syarat rumah. Dalam syarat klinis pasien harus berusia 45 tahun ke bawah, tidak memiliki komorbid, dapat mengakses layanan telemedicine.

“Optimalkan telemedicine atau layanan kesehatan lainnya, dan berkomitmen untuk tetap diisolasi sebelum diizinkan keluar,” tegas Nadia.

Sedangkan dalam syarat rumah dan peralatan pendukung lainnya, pasien harus dapat tinggal di kamar terpisah, lebih baik lagi jika lantai terpisah, ada kamar mandi di dalam rumah terpisah dengan penghuni rumah lainnya dan dapat mengakses pulse oksimeter.

Hal senada diungkapkan Managing Director Good Doctor Danu Wicaksana. Sebagai penyedia layanan kesehatan terpadu berbasis teknologi, pihaknya mendukung kebutuhan kesehatan masyarakat dengan layanan telemedicine. Dalam program Satu Dokter untuk Setiap Keluarga dalam layanan kesehatan dapat memberikan layanan konsultasi dokter dan layanan pengantaran obat gratis kepada pasien isolasi mandiri.

Baca juga :  Airlangga Acungi Jempol Pemprov Kalsel karena Lakukan Hal ini - AEOmedia

“Mengantisipasi penyebaran varian Omicron, kami bersiap untuk melayani lebih banyak pasien Covud-19, terlebih lagi pada masa kini di mana masyarakat Indonesia semakin terbuka dan beradaptasi dengan layanan kesehatan digital,” kata Danu.

Untuk meningkatkan penawaran solusi kesehatan digital yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis, kata dia, telemedicine menjadi tuntutan industri yang berkembang sebagai solusi manajemen kesehatan jangka panjang selama pandemi Covid-19 dan memasuki new normal. Menurut data dari Survei Krisis Global PWC 2021, 80 persen pemimpin perusahaan di seluruh dunia mengatakan organisasi mereka menyadari pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental karyawan mereka selama pandemi.

“Layanan kesehatan digital yang holistik saat ini menjadi solusi mengatasi hambatan dan titik masalah untuk mengakses layanan kesehatan kritis di dalam ataupun di luar tempat kerja,” kata Danu.

Di tengah merebaknya kembali kasus Covid-19 di tanah air, kata dia, telemedicine bermanfaat untuk pasien isoman memprioritaskan kesehatannya melalui tindakan preventif dan proaktif. Sehingga pasien dapat mendapatkan akses layanan dokter prioritas di mana pengguna mendapat akses kepada dokter pilihan mereka dan tidak akan diubah ke dokter lain saat pasien ingin kembali berkonsultasi.

Baca juga :  Pasien Covid-19 Diminta Tetap Konsultasi Via Telemedicine saat Isoman - AEOmedia

Selain Covid-19, pasien juga bisa mengakses layanan manajemen berat badan, kesehatan mental dan lainnya, layanan pembelian dan pengantaran obat, edukasi dalam format webinar sesuai kebutuhan korporat, penawaran spesial khusus untuk anggota B2B, serta layanan tambahan seperti pemeriksaan dan vaksinasi Covid-19.

“Layanan kesehatan digital akan paling diandalkan di masa depan,” katanya.

Kesimpulan
Dari sedikit data di atas semoga memberikan tambahan paham seputar dunia hidup sehat dari seluruh dunia. Semoga artikel yang membahas Boleh Isoman di Rumah, Pasien Omicron Optimalkan Layanan Telemedicine Ini menjadikan anda pasti tertarik

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin.
Repost for: AEOmedia.com

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Boleh Isoman di Rumah, Pasien Omicron Optimalkan Layanan Telemedicine – AEOmedia yang dipublish pada 25 January 2022 di website Berita Portal Online Terkini - AEOmedia.com

Leave a Comment