Wednesday, May 18, 2022
spot_img

Ridwan Kamil Sebut Tarif Tol Cisumdawu Seksi 1 Rp 1.000/Km – AEOmedia

Must Read

AEOmedia.com: Kami merangkum informasi ini dari beraneka ragam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami dengan judul Ridwan Kamil Sebut Tarif Tol Cisumdawu Seksi 1 Rp 1.000/Km.

–Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menuturkan tarif Jalan Tol Seksi 1 Cileunyi–Sumedang–Dawuan atau Cisumdawu yang memiliki panjang sekitar 11,4 kilometer akan dipatok sebesar Rp 1.000 per kilometer.

”Nanti tarif tol Rp 1.000 per kilometer,” kata Ridwan Kamil seperti dilansir dari Antara.

Keseluruhan ruas Tol Cisumdawu sepanjang 62 km itu, Ridwan Kamil memastikan akan rampung pada Juni. Ruas tol itu akan tembus langsung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

”Untuk keseluruhan pada Juni akan selesai dari Cileunyi tembus sampai Bandara Kertajati,” ujar Ridwan Kamil.

Mewakili masyarakat, Ridwan Kamil menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Menteri PUPR atas dukungan infrastruktur darat yang sangat dinantikan itu. Dia optimistis rampungnya Tol Cisumdawu secara bertahap akan berdampak pada peningkatan denyut perekonomian. Apalagi tol tersebut menjadi akses penunjang operasional Bandara Kertajati.

Baca juga :  MLFF Diterapkan Mulai September 2022, Bayar Tol Tanpa Sentuhan Fisik - AEOmedia

”Atas nama masyarakat saya menyampaikan terima kasih kepada Bapak Presiden dan Menteri PUPR yang begitu luar biasa mendukung infrastruktur darat di Jabar. Dengan begini ekonomi Jabar bisa jadi yang terbaik pada masa depan,” tutur Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil mengungkapkan, saat ini, ada tujuh ruas jalan tol di Jabar yang sedang dikerjakan. Terbaru, yakni pada akhir Januari akan dilakukan groundbreaking pembangunan Jalan Tol Cileunyi – Cilacap.

”Enam sampai tujuh jalan tol sedang dikerjakan menandai pentingnya Jabar dalam konstelasi nasional. Yang terpanjang adalah minggu depan groundbreaking Tol Cileunyi sampai Cilacap, Jawa Tengah,” terang Ridwan Kamil.

Sementara itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) berharap konstruksi semua seksi Jalan Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) dapat selesai pada akhir tahun ini.

Baca juga :  Mitigasi Bencana, PUPR Jalankan 6 Sumur Bor Tenaga Matahari di Mamuju - AEOmedia

”Akhir tahun ini, Insya Allah selesai semua seksi Jalan Tol Cisumdawu,” ujar Kepala BPJT Danang Parikesit.

Danang menjelaskan, Jalan Tol Cisumdawu Seksi 1 dan Seksi 2 sepanjang 28,5 Km yang dibangun pemerintah terbagi menjadi Seksi I Cileunyi – Pamulihan (11,45 Km), Seksi II Pamulihan – Sumedang (17,05 Km).

Kemudian, Seksi III, IV, V, dan VI dikerjakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol sepanjang 33,21 Km saat ini, progres Seksi III Sumedang – Cimalaka (4,05 Km) konstruksi sudah 100 persen rampung, Seksi IV Cimalaka – Legok (8,20 Km) konstruksi sudah 18,97 persen.

Selanjutnya Seksi V A&B Legok – Ujung Jaya (14,9 Km) konstruksi sudah 25,86 persen dan 48,83 persen, dan Seksi VI A&B Ujung Jaya – Dawuan (6,06 Km) konstruksi sudah berjalan 81,78 persen dan 93,30 persen. Untuk Junction Dawuan yang terkoneksi dengan Jalan Tol Cipali progresnya sudah mencapai 91,7 persen.

Baca juga :  Tol Cisumdawu Beroperasi Awal 2022, Bandung-Kertajati Hanya Sejam - AEOmedia

”Saat ini Jalan Tol Cisumdawu yang siap dioperasikan yakni Seksi 1 Cileunyi–Pamulihan,” terang Danang.

Pembangunan Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu) di Provinsi Jawa Barat terus dipercepat penyelesaian konstruksinya. Jalan Tol Cisumdawu dibangun dengan nilai investasi sebesar Rp 8,41 triliun. Setelah Jalan Tol tersambung sepenuhnya dari Cileunyi hingga Dawuan akan menjadi aksesibilitas masyarakat dalam mendukung kelancaran lalu lintas kendaraan.

Kesimpulan
Dari sedikit informasi di atas semoga memberikan tambahan paham anda dari apa yang sajikan saat ini. Semoga artikel yang membahas Ridwan Kamil Sebut Tarif Tol Cisumdawu Seksi 1 Rp 1.000/Km Ini menjadikan anda semakin tertarik dengan gratisnya pengetahuan dari internet.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Inilah Game Dekor Rumah yang Paling Menarik Untuk Dimainkan

Memang akan sangat mengasyikan jika bisa bermain game yang isinya bercerita tentang aktivitas sehari-hari seperti di kehidupan nyata. Kerennya...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -