Arkeologi Berperan Penting dalam Bangkitkan Nilai-nilai Kebangsaan – AEOmedia

  • Whatsapp
Arkeologi Berperan Penting dalam Bangkitkan Nilai-nilai Kebangsaan

AEOmedia.com: Kami merangkum informasi ini dari beraneka macam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami dengan judul Arkeologi Berperan Penting dalam Bangkitkan Nilai-nilai Kebangsaan .

– Arkeologi memiliki peran penting dalam proses pemahaman wawasan dan nilai-nilai kebangsaan warga negara, melalui pengungkapan fakta perjalanan bangsa di masa lalu.

Read More

“Peran arkeologi sangat signifikan dengan menemukan dan menyajikan kembali rangkaian kejayaan bangsa kita di masa lalu, bahwa bangsa kita adalah bangsa besar,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat saat menjadi narasumber dalam bincang-bincang di Kongres Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia (IAAI) 2021, bertema Wawasan Kebangsaan dan Pemajuan Kebudayaan, Rabu (24/11).

Baca :  Wakil Ketua MPR Minta Pemerintah Gali Potensi Pajak Sektor SDA - AEOmedia

Menurut Lestari, saat ini bangsa Indonesia sedang mengalami krisis multidimensi yang menyebabkan berbagai perubahan di berbagai sektor baik politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan.

Situasi ini, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, harus dicermati agar budaya bangsa kita tidak terus tergerus oleh perubahan yang terjadi saat ini.

“Kita hadapi perubahan ini sebagai tantangan. Tinggal bagaimana kita sebagai anak bangsa untuk tetap memiliki konsensus sebagai satu bangsa,” ujar Rerie.

Menurut Rerie, yang juga anggota DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, arkeologi berdasarkan catatan Bapak Arkeologi Indonesja, Prof Mundardjito memiliki banyak peran antara lain bisa sebagai sumber ide dalam pembangunan, sumber simbol budaya bangsa dan bisa menghadirkan berbagai fakta kejayaan bangsa di masa lalu.

Baca :  Gus Jazil Bersama Kiai se-Jabar Doakan Keselamatan Bangsa - AEOmedia

Merealisasikan sejumlah peran tersebut, ujarnya, menjadi tantangan para arkeolog dalam rangka melestarikan peninggalan-peninggalan budaya  yang ada, baik berupa peninggalan benda maupun tak benda.

Warisan budaya, tegas Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, harus dimaknai sebagai sumber daya yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia Indonesia sebagai satu bangsa.

Menurut Rerie, manajemen sumber daya kita harus memiliki tata kelola yang baik dan membutuhkan peran arkeologi di dalamnya.

Tujuannya, tegas dia, agar dapat menunjukkan berbagai kejayaan bangsa kita di masa lalu sebagai inspirasi warga negara untuk mewujudkannya kembali di masa kini

Kesimpulan
Dari sedikit informasi di atas semoga memberikan tambahan mengenai anda dari apa yang sajikan saat ini. Semoga artikel yang membahas Arkeologi Berperan Penting dalam Bangkitkan Nilai-nilai Kebangsaan Ini menjadikan anda semakin tertarik dengan mudahnya mendapatkan informasi dari dari internet.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Baca :  Bamsoet Serahkan Paket Bantuan Susu kepada Pengemudi Ojek Online - AEOmedia

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *