Wednesday, May 18, 2022
spot_img

Catat, inilah gejala dan penyebab kista ovarium yang bisa terjadi – AEOmedia

Must Read

AEOmedia.com: Catat, inilah gejala dan penyebab kista ovarium yang bisa terjadi, pada kesempatan kali ini AEOmedia.com akan membahas topik lain yaitu tentang Catat, inilah gejala dan penyebab kista ovarium yang bisa terjadi, Kami merangkum informasi ini dari beraneka ragam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami dengan judul Catat, inilah gejala dan penyebab kista ovarium yang bisa terjadi.

AEOmedia.com – Kista ovarium adalah kantung berisi cairan yang terdapat di ovarium Anda. Jika kista sering terbentuk dan bertahan dalam jangka waktu lama, hal itu bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lain.

Maka dari itu, gejala, dan penyebab kista ovarium perlu Anda ketahui.

Melansir laman womenshealth.gov, kebanyakan wanita memiliki satu kista yang terbentuk saat masa pembuahan terjadi. Namun, Anda tidak akan menyadari kemunculannya, kecuali jika kista menyebabkan masalah kesehatan.

Baca juga :  Bangga Buatan Indonesia: Djudjuk Aryati percaya diri dengan identitas Cocoon Asia - AEOmedia

Jenis kista tersebut tidak banyak ditemukan pada wanita yang sudah menjalani masa menopause. Jika wanita yang sudah menopause memiliki kista, besar kemungkinan kista tersebut bersifat kanker sehingga membutuhkan perawatan medis.

Penyebab kista ovarium

Ada beberapa penyebab kista ovarium yang perlu Anda ketahui. Pertama, kista sulit hilang saat tubuh Anda mengalami gangguan hormon. Kedua, munculnya kista juga bisa dilatarbelakangi karena Anda mengalami endometriosis.

Endometriosis adalah kondisi di mana jaringan yang seharusnya tumbuh dalam rahim, justru tumbuh di luar rahim. Kondisi itu bisa membuat Anda tidak nyaman. Apalagi, saat masa menstruasi atau saat melakukan hubungan seksual.

Ketiga, kista juga bisa terbentuk di masa awal kehamilan Anda sampai plasenta terbentuk. Tapi, tidak sedikit kasus di mana kista tetap bertahan meski Anda sudah melahirkan. Jika Anda mengalami hal itu, kista perlu dibersihkan dengan cara operasi.

Baca juga :  Sindrom klinefelter, penyebab dan gejala ini perlu Anda tahu - AEOmedia

Gejala kista ovarium

Kista tak menimbulkan gejala apa pun, apalagi jika ukurannya tergolong kecil. Hanya, seiring berjalannya waktu, ukuran kista bisa membesar sehingga menimbulkan rasa sakit. Anda juga akan mengalami perut kembung dan bengkak.

Saat ukurannya tak terkendali, kista bisa pecah sehingga menimbulkan rasa sakit yang datang secara tiba-tiba. Kondisi itu akan dibarengi dengan rasa mual dan tidak jarang membuat Anda muntah.

Tak hanya itu, masih banyak gejala kista ovarium yang lain. Mulai dari panggul, paha, dan pinggang terasa sakit, berat badan turun tanpa alasan, payudara terasa lebih lunak, frekuensi ingin buang air kecil meningkat, dan rasa sakit saat Anda menstruasi.

Baca juga :  Makin Rendah, Covid-19 Hanya 460 Kasus, Meninggal 30 Jiwa - AEOmedia

Jika Anda mengalami gejala-gejala itu, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter supaya mendapat perawatan yang tepat.

Sumber Editor dari: Belladina Biananda

Kesimpulan
Dari sedikit informasi di atas semoga memberikan tambahan paham anda dari apa yang sajikan saat ini. Semoga artikel yang membahas Catat, inilah gejala dan penyebab kista ovarium yang bisa terjadi Ini menjadikan anda semakin tertarik dengan sangat mudah dapat info detail dari internet.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Inilah Game Dekor Rumah yang Paling Menarik Untuk Dimainkan

Memang akan sangat mengasyikan jika bisa bermain game yang isinya bercerita tentang aktivitas sehari-hari seperti di kehidupan nyata. Kerennya...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -