Disaksikan Bupati Brebes, Jerry Sambuaga resmikan gudang SRG bawang merah

Disaksikan Bupati Brebes, Jerry Sambuaga resmikan gudang SRG bawang merah – AEOmedia

AEOmedia.com: Disaksikan Bupati Brebes, Jerry Sambuaga resmikan gudang SRG bawang merah, pada kesempatan kali ini AEOmedia.com akan membahas topik lain yaitu tentang Disaksikan Bupati Brebes, Jerry Sambuaga resmikan gudang SRG bawang merah, Kami merangkum informasi ini dari beraneka macam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami dengan judul Disaksikan Bupati Brebes, Jerry Sambuaga resmikan gudang SRG bawang merah.

AEOmedia.com –  JAKARTA. Sistem Resi Gudang (SRG) akan menjadi pilar dalam mata rantai komoditas, khususnya bahan pokok dan penting di Indonesia.  Demikian disampaikan Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga saat meresmikan gudang SRG Bawang merah di Brebes beberapa waktu yang lalu.

Menurut Jerry, perdagangan komoditas bahan pokok perlu ditopang oleh sebuah sistem yang baik agar menguntungkan semua pihak, baik konsumen, produsen maupun pemerintah. “Harus terjamin ketersediaan, terjangkau harganya dan menguntungkan semua pihak yang terlibat,” ujar Jerry.

Baca juga :  China: Pernyataan AS-Jepang adalah serangan jahat terhadap kebijakan luar negeri kami - AEOmedia

Disaksikan Bupati Brebes, Idza Priyanti, Gudang SRG bawang merah di wilayahnya itu dilengkapi dengan teknologi Controlled Atmosphere System (CAS). Dengan teknologi itu, bawang merah bisa disimpan sampai dengan 6 bulan dengan penurunan mutu yang sangat minimal.

Dengan kemampuan itu, diyakini perdagangan bawang merah bisa dikendalikan sedemikian rupa sehingga harganya tidak fluktuatif. Pasalnya ketika harga fluktuatif akan memancing spekulan dan berdampak merugikan dalam jangka panjang.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menilai bahwa perlu upaya terus menerus agar sistem SRG ini bisa dikembangkan. Setelah bawang merah, ia ingin SRG bisa mencakup komoditas lain.

Beras, cabai dan kedelai ke depan akan menjadi fokus. Saat ini harga beras relatif stabil harganya didukung oleh sistem produksi dan pengaturan perdagangan yang makin baik. Ke depan, Kemendag berharap komoditas-komoditas lain juga bisa distabilkan dengan perbaikan di sektor hulu dan hilir.

Baca juga :  Bangga Buatan Indonesia: Laju usaha produsen sirop Ramu Padu Nusantara semakin manis - AEOmedia

Menurut Jerry, pihaknya mendukung peningkatan produksi yang dilakukan oleh Kementerian terkait. Kemendag berfungsi untuk mendukung ketersediaan bahan dan modal produksi serta pemasaran hasil produksi bahan-bahan pokok dan penting.

Ia ingin agar semua proses produksi terintegrasi dengan perdagangan sehingga tercipta ekosistem yang menguntungkan dan berkelanjutan.

Kembali pada bawang merah, Brebes adalah pemasok utama bawang merah yaitu mencapai 85% dari konsumsi nasional. Ada beberapa sentra produksi lain di Indonesia seperti dari Sumbawa dan beberapa daerah lainnya.

Kesimpulan
Dari sedikit informasi di atas semoga memberikan tambahan paham anda dari apa yang sajikan saat ini. Semoga artikel yang membahas Disaksikan Bupati Brebes, Jerry Sambuaga resmikan gudang SRG bawang merah Ini menjadikan anda semakin tertarik dengan sangat mudah dapat info detail dari internet.

Baca juga :  PTPN V klaim mampu menjaga area lahan bebas bakar selama 25 tahun - AEOmedia

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Disaksikan Bupati Brebes, Jerry Sambuaga resmikan gudang SRG bawang merah – AEOmedia yang dipublish pada 24 March 2021 di website Berita Portal Online Terkini - AEOmedia.com

Leave a Comment