Moms, perhatikan syarat ini sebelum memulai memberi MPASI untuk bayi

Jangan sembarangan mengguncang bayi, ini dampak yang bisa terjadi – AEOmedia

AEOmedia.com: Jangan sembarangan mengguncang bayi, ini dampak yang bisa terjadi, pada kesempatan kali ini AEOmedia.com akan membahas topik lain yaitu tentang Jangan sembarangan mengguncang bayi, ini dampak yang bisa terjadi, Kami merangkum informasi ini dari berbagai sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami dengan judul Jangan sembarangan mengguncang bayi, ini dampak yang bisa terjadi.

Tahukah Anda, mengguncang tubuh bayi akan berpengaruh buruk pada kesehatannya? Kebiasaan tersebut bisa menyebabkan cedera yang cukup parah.

Shaken baby syndrome atau sindrom bayi terguncang, melansir dari Healthline, adalah cedera otak yang bisa dialami bayi yang mengalami guncangan yang keras.

Mengayun, mengguncang, hingga melempar bayi dapat memicu kerusakan otak parah pada bayi. Soalnya, kepala dan leher bayi belum sempurna kuat sehingga rawan mengalami cedera.

Baca juga :  Cara menyembuhkan sariawan secara alami dan dengan obat - AEOmedia

Guncangan yang dialami bayi membuat otak mereka membentur tempurung otak secara terus-menerus. Akibatnya otak akan lebam, membengkak, hingga terjadi pendarahan pada otak.

Selain cedera pada otak, mengguncang tubuh bayi bisa menimbulkan cedera pada tulang hingga mata mereka.

Bayi di bawah usia 2 tahun biasanya sering mengalami shaken baby syndrome. Kebanyakan sindrom ini terjadi akibat sering dilempar ke atas saat sedang bermain dengan bayi.

Orangtua biasanya menenangkan bayi dengan cara melemparnya ke atas atau mengguncang bayi, tentu tindakan ini dilakukan dengan mengontrol tenaga.

Bayi yang mengalami sindrom ini akan menunjukkan gejala yang khas. Mengutip dari Mayo Clinic, berikut gejala bayi yang mengalami shaken baby syndrome:

Bersumber dari laman Ikatan Dokter Anak Indonesia atau IDAI, shaken baby syndrome biasanya dibarengi dengan cedera mata dan cedera tulang.

Baca juga :  ​PPKM Mikro diperpanjang, ini aturan lengkap PPKM di 15 provinsi - AEOmedia

Mata buah hati bisa mengalami pendarahan retina pada satu atau kedua mata. Sedangkan cedera tulang yang ditimbulkan akibat sering mengguncang bayi adalah patah tulang pada lengan, tungkai, dan iga.

Untuk mencegah cedera tersebut, hindari melempar dan mengguncang tubuh bayi. Awasi buah hati saat bermain bersama orang lain agar terhindar dari kegiatan yang menimbulkan shaken baby syndrome.

Kesimpulan
Dari sedikit informasi di atas semoga memberikan tambahan pendapat anda dari apa yang sajikan saat ini. Semoga artikel yang membahas Jangan sembarangan mengguncang bayi, ini dampak yang bisa terjadi Ini menjadikan anda semakin tertarik dengan gratisnya pengetahuan dari internet.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Jangan sembarangan mengguncang bayi, ini dampak yang bisa terjadi – AEOmedia yang dipublish pada 24 March 2021 di website Berita Portal Online Terkini - AEOmedia.com

Leave a Comment