Jawapos

Celios Sebut Pemerintah Tak Cantik dalam Memainkan Gas dan Rem – AEOmedia

AEOmedia.com: Celios Sebut Pemerintah Tak Cantik dalam Memainkan Gas dan Rem, pada kesempatan kali ini AEOmedia akan membahas topik lain yaitu tentang Celios Sebut Pemerintah Tak Cantik dalam Memainkan Gas dan Rem, Kami merangkum informasi terbaru ini dari beraneka ragam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami.

– Proyeksi pertumbuhan ekonomi diperkirakan kembali terganggu akibat ledakan kasus Covid-19 pasca lebaran. Kinerja sektor yang berkaitan mobilitas masyarakat seperti transportasi, perhotelan, restoran dan ritel diprediksi akan melanjutkan penurunan seiring adanya kebijakan pengetatan mobilitas.

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan, saat ini pemerintah sering mengadu narasi antara pilihan kesehatan dan ekonomi. Padahal, coba-coba pelonggaran untuk pemulihan ekonomi seperti pembukaan tempat wisata secara prematur justru blunder bagi ekonomi itu sendiri.

Baca juga :  Google dan Facebook Tetapkan WFH Sampai Akhir Tahun untuk Karyawannya

“Sebenarnya kita terlambat untuk putuskan lockdown di awal, tapi lebih baik terlambat dibanding tidak sama sekali. Sebaiknya segera diputuskan saja, kalau mau lockdown ya secara nasional, tidak bisa satu provinsi memutuskan lockdown, nggak akan efektif,” ujarnya saat dihubungi oleh -, Rabu (23/6).

Bhima memaparkan, banyak permasalahan yang akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi kuartal II tahun ini. Apalagi, pemerintah pun menargetkan perekonomian nasional di angka tinggi yaitu 7 hingga 8 persen.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi dapat tumbuh positif karena momentum Ramadan dan Lebaran dimana Tunjangan Hari Raya (THR) dibayar penuh tahun ini. “Tapi apakah bisa tumbuh sampai 7-8 persen, saya perkirakan hanya positif 2 persen year on year di kuartal II,” imbuhnya.

Baca juga :  Akibat Tertular Covid-19, Mata Kanan Pria AS Alami Kebutaan - AEOmedia

Bhima melanjutkan, pasca Lebaran selain kasus penularan Covid-19 meningkat, juga ada kekhawatiran terkait normalisasi kebijakan moneter Amerika Serikat (AS). Selain itu ada risiko tren pengetatan anggaran pemerintah terlihat dari rencana kebijakan pajak yang menyasar barang-barang kebutuhan pokok.

“Alhasil masyarakat bisa rem lagi untuk belanja lebih tinggi,” tuturnya.

Atas dasar itu dia menyarankan, persiapan dari sisi anggaran harus difokuskan terlebih dahulu ke alokasi belanja kesehatan dan perlindungan sosial. Bahkan, pemerintah diminta memberhentikan sementara semua belanja infrastruktur.

“Belanja-belanja yang sifatnya tidak mendesak seperti belanja perjalanan dinas work from Bali itu batalkan segera,” ucapnya.

Bhima menambahkan, pemerintah harus mendengar saran dari ahli kesehatan. Sehingga tidak semu seperti saat ini dimana tingkat kepercayaan konsumen naik, tapi setelah ledakan kasus Covid-19 berisiko turun lagi.

Baca juga :  Hilang Penciuman Saat Covid-19, Kapan Akan Normal? Ini Kata Dokter - AEOmedia

“Kita jangan sampai mengulang lagi di titik nol. Saya yakin pelaku usaha mau men-support lockdown dengan catatan ada kompensasi yang layak dari pemerintah dan efektif pengawasan di lapangan atau tidak ada diskriminatif. Kompensasi itu muncul apabila anggaran pemerintah bisa direalokasikan segera. Kan sudah ada modal UU Nomor 2/2020 untuk geser anggaran secara cepat,” pungkasnya.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Celios Sebut Pemerintah Tak Cantik dalam Memainkan Gas dan Rem – AEOmedia yang dipublish pada 23 June 2021 di website Berita Portal Online Terkini - AEOmedia.com

Leave a Comment