Strategi Digital Marketing
Strategi Digital Marketing

AEOMedia.com – Banyak strategi digital marketing yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan pemasaran secara online bisnis UMKM Anda. Namun, tidak semua strategi tersebut mampu menunjukkan hasil yang memuaskan karena belum tentu suatu strategi cocok dengan bisnis yang Anda jalankan, justru bisa berakibat buruk jika salah pilih.

Dalam melakukan digital marketing, tentu ada banyak hal yang harus Anda perhatikan, misalnya budget. Bagi perusahaan besar mungkin tidak masalah dengan seberapa banyaknya budget yang dimiliki, namun tidak untuk UMKM yang sedang merintis bisnis. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang tepat untuk memasarkan UMKM.

Menentukan Target Market

Sebelum membangun strategi digital marketing, penting bagi Anda untuk menentukan siapa target marketnya. Untuk menentukan target market, maka Anda harus melihat gambaran siapa yang membutuhkan produk UMKM, berapa rentang usianya dan kelas sosial yang dituju. Ketiga kategori ini akan memudahkan Anda mendapatkan target market.

Misalnya saja, UMKM Anda menawarkan minuman dengan berbagai macam rasa yang sedang tren, maka kalangan anak muda, seperti mahasiswa atau pelajar bisa menjadi target market yang paling sesuai. Setelah Anda mendapatkan target marketnya, maka Anda bisa memulai mempromosikannya dengan mengutamakan target market tersebut.

Menentukan Konsep Digital Marketing yang Solutif

Dalam mempromosikan produk, Anda juga harus melihat bagaimana kondisi yang sedang terjadi di masyarakat. Menawarkan promo menjadi contoh konsep yang baik untuk meningkatkan minat para pembeli sehingga produk lebih laris. Jika Anda kesulitan dalam membuat konsep pemasaran ini.

Usahakan produk atau penawaran yang Anda hadirkan merupakan jawaban dari kesulitan yang dialami oleh target market sehingga konsep solutif bisa dilakukan. Misalnya, target market kesulitan mendapatkan minuman rasa yang hangat, maka Anda bisa menawarkan konsep penyajian minuman yang hangat.

Membuat Website untuk Memperkenalkan Produk

Website menjadi salah satu media yang paling sering digunakan untuk memperkenalkan produk pada target market, selain media sosial. Memiliki usaha online tidak akan lengkap tanpa adanya website sebagai lapak berjualan. Apalagi Anda bisa membuat website dengan mudah dan budget yang bisa disesuaikan.

Strategi digital marketing menggunakan website bisa membantu UMKM untuk memiliki jangkauan pasar yang lebih luas sehingga kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan terbuka lebar. Hanya saja, Anda juga harus tahu bagaimana cara untuk memaksimalkan website sebagai lapak sekaligus media promosi yang efektif.

Branding Usaha melalui Media Sosial

Media sosial juga sering digunakan para pelaku bisnis untuk melakukan branding secara aktif. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan media sosial, seperti jangkauan lebih luas, lebih murah dan pengelolaan yang lebih mudah. Anda bisa memilih berbagai media sosial, seperti Instagram, Facebook, hingga Youtube.

Setiap media sosial memiliki kelebihan masing-masing sehingga Anda harus bisa memilihnya dengan bijak. Jika perlu, buatlah lebih dari satu media sosial agar kelebihan tersebut saling melengkapi dan akhirnya manfaat yang didapatkan lebih maksimal.

Pahami SEO, SEM dan Digital Advertising

Melakukan digital marketing memang tidak bisa jauh dari yang namanya SEO, SEM dan digital advertising. Ketiganya merupakan bagian dari digital marketing yang bisa dilakukan untuk menarik banyak pembeli dengan konten yang berkualitas. Penting untuk memahami ketiga hal tersebut agar strategi pemasaran UMKM lebih maksimal.

Jadi, bagi Anda yang ingin memasarkan produk atau jasa UMKM secara online, maka bisa melakukan beberapa strategi di atas. Pastikan Anda memilih strategi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan budget yang ada. Dengan begitu, strategi digital marketing akan memberikan hasil yang maksimal.