David Moyes

AEOMedia.com, Liga Inggris – David Moyes untuk kedua kali menyelesaikan misi yang diberikan kepadanya untuk menyelamatkan West Ham United dari ancaman degradasi, setelah kontraknya yang singkat di sana musim lalu.

Hasil imbang 1-1 di kandang Manchester United, Stadion Old Trafford, pada pekan ke-37 Liga Primer Inggris, dinihari tadi, 23 Juli 2020, memastikan The Hammers bertahan di divisi tertinggi liga negara ini musim depan.

Dengan hasil seri itu, West Ham menempati urutan ke-15 dari 20 tim. The Hammers unggul empat angka di atas pintu zona degradasi, urutan ke-18, Watford. Dengan kompetisi hanya menyisakan satu pertandingan lagi, sudah aman dan dipastikan akan tampil di Liga Primer Inggris musim depan.

Musim 2019-2020 ini, pelatih berusia 57 tahun ini masuk ketika kompetisi sudah berjalan untuk menggantikan pelatih terkenal dari Cile, Manuel Pellegrini. Tapi, kali ini pria asal Skotlandia itu bekerja lebih lama di klub yang bermarkas di London ini.

Adapun yang jauh lebih penting, David Moyes berhasil mengganjal harapan Manchester United untuk bisa memastikan posisinya dalam empat besar melalui pertandingan di Old Trafford. Sebab, dengan skor 1-1, pelatih Ole Gunnar Solskjaer dan pasukannya membutuhkan minimal satu poin dari laga pamungkasnya di kandan Leicester City untuk bisa bertahan di zona Liga Champions Eropa.

Bagi David Moyes pertandingan dinihari tadi adalah pembuktian kemampuannya kepada Manchester United yang memecat dirinya sebagai pelatih pada April 2014. Ia dipecat ketika belum genap bekerja satu musim dan menandatangani kontrak enam tahun.

Padahal, Alex Ferguson sendiri yang merekomendasikan kepada manajemen Manchester United sebagai pengganti dirinya, setelah juniornya tersebut sukses menangani Everton.

Sejak dipecat dari Manchester United itu, karier kepelatihan David Moyes anjlok. Ia gagal di Real Sociedad dan Sunderland sehingga dipecat sebelum meminta kontrak singkat ketika ditawari West Ham United pertama kali untuk menyelamatkan tim ini.

Dinihari itu, David Moyes menampakkan wajah penuh keyakinan ketika memasuki kamar ganti pemain Stadion Old Trafford, ketika jeda babak pertama. Saat itu, West Ham United unggul 1-0 melalui tendangan penalti Michail Antonio pada menit ke-45+2.

Wajah optimistis David Moyes tidak berubah pada babak kedua ketika bintang muda Manchester United, Mason Greenwood, mencetak gol penyamakan kedudukan menit 51. Dinihari tadi Moyes telah “membalaskan dendamnya “ kepada Red Devils melalui West Ham United.