Dark Mode pada beberapa aplikasi dan OS nampaknya sedang menjadi tren, karena data statistik mengatakan banyak orang begadang dengan ponsel mereka, dengan adanya dark mode ini dipastikan bakal membantu mata untuk mengurangi rasa lelahnya.

Kabar terbaru setelah sekian lama dikabarkan, Whatsapp sudah merilis Dark modenya namun masih dalam beta mode.

Jika pengguna terdaftar dalam WhatsApp beta versi 2.20.13, pengguna dapat mengaktifkan mode gelap tersebut. Tapi jika tidak lagi dapat terdaftar untuk program beta, pengguna dapat mengunduh APK WhatsApp dari sumber eksternal, seperti APKMirror.

Dilansir dari Android Pit, berikut cara mengaktifkan mode gelap WhatsApp di versi beta:

Jika pengguna ingin mengunduh APK WhatsApp, lakukan cadangan obrolan terlebih dahulu sebagai tindak pencegahan. Jika tidak, kemungkinan besar obrolan akan menghilang setelah pengguna menginstal APK WhatsApp tersebut.

Setelah pengguna menggunakan WhatsApp beta versi 2.20.13, buka Pengaturan aplikasi dan pilih Obrolan. Dari sana, pengguna akan menemukan item menu mode gelap.

Selain itu, WhatsApp juga menyertakan sakelar tema gelap dalam pengaturan obrolan yang tersedia dalam tiga opsi, Bright, Dark, dan System Default. Bright memberikan tema yang sama seperti tampilan WhatsApp pada umumnya, Dark memberikan tema dengan latar belakang hitam, sementara opsi System Default akan memungkinkan aplikasi mengikuti skema perangkat pengguna.

Meski disebut mode gelap, namun sebenarnya tampilan WhatsApp saat berada dalam mode gelap tidak berubah menjadi hitam, tetapi biru tua. Sementara gelembung obrolan akan berwarna biru atau hijau gelap.