bisnis coffe shop mini

Mau Bikin Bisnis Coffe Shop Mini Segini Modalnya

Untuk permulaan, kita bisa memulai bisnis Coffe Shop dari yang kecil dulu lalu jika sukses kita bisa membuatnya lebih besar bahkan sampai membuka cabang di mana-mana. Anda bisa memulainya dengan membuka kedai kopi secara online, gerobak, atau yang berdiam di dalam gedung dengan didukung arsitektur menarik yang cocok untuk tempat nongkrong.

Peluang bisnis ini juga cukup besar, diperkirakan jumlah peminatnya akan tumbuh sebanyak 67% antara sekarang dan 2022. Jika kalian ingin merintis usaha ini dari kecil, Anda dapat mengikuti beberapa tips di bawah ini. Tak membutuhkan modal besar, hanya membutuhkan beberapa puluhan juta saja.

Mulai Rencanakan Konsep Bisnis Usaha Coffe Shop Anda

Pertama-tama, susun dulu konsep Coffe Shop seperti apa yang kalian inginkan. Tapi sebelum itu, pilih dulu apakah usaha Anda ini berbentuk kedai atau gerobak.

Untuk Coffe Shop gerobak, dana yang dikeluarkan lebih minim daripada kedai. Tapi kalau soal kenyaman (lebih memprioritaskan orang-orang untuk nongkrong), lebih baik memilih kedai.

Ada beragam konsep Coffe Shop, seperti:

  • Konsep Coffe Shop Industrial: biasanya ruangannya dominan akan besi dan tembok batu bata tanpa diplester. Ada juga yang memadukan pipa plafon, perpaduan kayu dan besi
  • Konsep Coffe Shop Minimalis: konsepnya seperti sebuah ruangan apartemen di tengah kota, hanya saja dekorasinya lebih sedikit, cuma ada lampu gantung, rak dinding, background cafe, yang diusung dengan warna-warna netral
  • Konsep Coffe Shop yang Colorful: variasi warnanya lebih beragam, cobalah untuk bermain-main dengan warna ubin, warna kursi, dan walpaper. Tapi jangan lupa untuk tetap memasukkan warna netral agar tetap dewasa.

Jika konsep dasar di atas belum cukup, coba lihat desain ruangan Coffe Shop orang lain. Seperti Coffe Shop berikut:

  1. Coffee Shop Viverri Coffee Shop
  2. Coffee Shop Delapan Gram
  3. Coffee Shop Ottoman’s Coffee
  4. Coffee Shop Tabegula Coffee
  5. Coffee Shop Wanderlust Coffee Shop
  6. Coffee Shop Moka Coffee Cabana
  7. Coffee Shop ASAGAO
Baca juga :  6 Minuman Khas Amerika Latin Yang Wajib Dicoba di Restoran Pittsburgh - AEOmedia

Dalan memilih konsep ini juga Anda dapat memperhatikan target market apakah sasaran Anda tempat nongkrong kaum millenial, tempat meeting yang cukup tenang, atau tempat kedai dimana orang-orang hanya datang lalu pergi.

Mulai Menghitung Berapa Modal yang Anda Butuhkan untuk Membuka Coffe Shop

modal coffe shop mini

Kalau kalian ingin membuka Coffe Shop dengan modal kecil, maka jumlah barang yang Anda beli nanti, furniture, barang-barang kebutuhan untuk jualan, luas ruangan dan fasilitas lainnya akan cukup terbatas. Jika diperkirakan berapa modalnya, berikut adalah rincian modal yang akan Anda keluarkan yang kami kutip dari gobiz.co.id:

1. Modal Membeli Peralatan untuk Membuat Kopi 

V60: Rp 170.000

French Price: Rp 150.000

Syphon: Rp 500.000

Mesin Espresso: Rp 2.500.000

Grinder: Rp 1.200.000

Milk Jug: Rp 100.000

Milk Steamer: Rp 2.300.000

Scale: Rp 300.000

Total: Rp 7.220.000

 

2. Modal Membeli Peralatan Pelengkap Lainnya untuk Kopi

Kulkas: Rp 1.200.000

Glassware dan Silverware: Rp 600.000

Blender: Rp 500.000

 

Total: Rp 2.050.000

 

3. Modal Membeli Bahan-Bahan Kopi

 

Kopi dan Susu: 1.200.000

 

4. Modal Membeli Peralatan untuk Interior

 

4 set Meja serta Kursi: Rp 1.600.000

Aksesoris: Rp 500.000

Peralatan Bersih-Bersih: Rp 300.000

CCTV: Rp 250.000

 

Total: Rp 2.650.000

 

5. Modal untuk Membeli Alat Pembayaran

 

Mesin Kasir: Rp 3.000.000

Cash Drawer: Rp 400.000

 

Total: Rp 3.400.000

 

6. Modal untuk Membayar Biaya Lainnya

 

Listri 13 VA: Rp 1.700.000

Modal Izin Usaha: Rp 500.000

 

Total: Rp 2.200.000

 

Jika semuanya ditotal, modal yang kira-kira Anda butuhkan adalah Rp 18.700.000

Baca juga :  Nikmati Kuliner Nusantara Tempoe Doeloe di Festival Glodok Pancoran - AEOmedia

Tapi modal tersebut masih belum menyangkut sewa tempat. Dan biaya tersebut masih bisa kurang atau bertambah. Karena mungkin ada beberapa barang di atas yang tidak Anda butuhkan.

Sekali lagi ini hanya perkiraan modal saja untuk membangun bisnis Coffe Shop mini. 

Cari Lokasi yang Strategis Saat Mendirikan Kedai Kopi

Konsep Coffe Shop dapat menarik pelanggan mendekat karena keunikan yang kalian miliki, tapi lokasi yang strategis, dapat menarik siapapun pelanggan karena mereka berhasil dengan mudah menemukan lokasi Anda.

Ada beberapa tips menentukan lokasi Coffe Shop.

1. Tentukan Lokasi Berdasarkan Target Pasar

Bila sasaran Anda adalah anak muda, kalian dapat mendirikan Coffe Shop di area-area dekat sekolah, universitas, dan tempat-tempat yang banyak anak muda.

2. Pilih Lokasi yang Mudah dilihat Orang

Usahakan lokasinya bisa dilihat dari segala sisi, agar lebih menarik mata, Anda bisa menarik perhatian dengan menempatkan desain-desain unik pada bagian depan kedai.

3. Lokasinya Mudah diakses Orang

Bisa dengan mudah dijangkau dengan motor atau kendaraan beroda empat. Paling bagus jika berda di tepi jalan raya, serta ada fasilitas parkir luas agar pelanggan tidak berpikir dua kali untuk mampir ke tempat Anda.

4. Perhatikan Berbagai Kompetitor yang Mendiami Tempat Itu

Pikirkan ulang jika di tempat tersebut sudah ada Coffe Shop yang lain. Kecuali bila kalian yakin bisa menyainginya atau fasilitas dari Coffe Shop itu tidak lebih baik dari Anda. Tapi ini agak berisiko.

Jangkau Orang-Orang dengan Media Sosial 

Di zaman modern ini, tentu sangat penting mengembangkan usaha ke ranah online. Mungkin bisa dengan mendaftarkannya ke Grab atau Gojek, atau hanya dengan melakukan promosi lewat media sosial.

Baca juga :  Mitos atau Fakta? Kopi Diyakini Bisa Mengatasi Masalah Ketombe - AEOmedia

Pokoknya jangkau segala media, masukkan lokasi Anda di Google Maps, Buat akun Sosial Media di Instagram, mendaftarkan ke Gojek/Grab, mengiklankannya lewat Facebook, Instagram, meminta bantuan Influencer atau memasukkannya ke YouTube.

Mencari Supplier Biji Kopi Sebagai Pemasok Kebutuhan Coffe Shop Anda

Tips ini tak terlepas dari pengetahuan Anda mengenai biji kopi. Agar menemukan supllier terbaik, kalian harus tahu karakteristik biji kopi dan profil rasa yang diinginkan.

Agar lebih aman, tenang, dan meminimalisir berbagai risiko, ada baiknya kalian menemukan beberapa pemasok, supaya kalau salah satu supplier tidak bisa menjalankan permintaan dengan baik, Anda dapat ganti ke supplier yang lain.

Cari informasi mengenai supplier tersebut, kemudian kunjungi lokasinya. Tes kopi tersebut, cek rasa, jika sudah deal, tinggal nanti kerja sama.

12 Tips Membangun Coffe Shop Sampai Sukses

Selain beberapa tips di atas, Jack Wilson, pemilik Radio Coffee and Beer di Austin, Texas, dan Marc Renson, pemilik Ambition Bistro di Schenectady, New York membagikan beberapa tips sukses memulai bisnis Coffe Shop. Berikut adalah beberapa tips dari mereka:

  1. Memulai menulis rencana bisnis untuk kedai kopi Anda
  2. Temukan lokasi terbaik untuk membuka kedai kopi Anda
  3. Membuat denah lantai atau denah kedai Anda
  4. Memperkerjakan seorang akuntan
  5. Mencari dana dan memperkirakan dana keluar yang dibutuhkan
  6. Hemat uang Anda untuk keperluan pribadi
  7. Belanja semua barang yang dibutuhkan
  8. Mulai bangun koneksi, bermitra dengan seseorang atau bergabung dengan komunitas pedagang
  9. Kembangkan rencana marketing Anda
  10. Melayani pelanggan dengan sikap positif
  11. Mulai pekerjakan orang secara perlahan, tidak perlu terburu-buru
  12. Menetapkan standar tinggi karyawan dan bisnis

Setelah berhasil mendirikan kedai kopi Anda sendiri, lanjutkan usaha Anda dengan mempelajari berbagai tips menjalan kedai kopi yang sukses lainnya.

Dony

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Mau Bikin Bisnis Coffe Shop Mini Segini Modalnya yang dipublish pada 23 October 2022 di website Berita Portal Online Terkini - AEOmedia.com

Leave a Comment