Panglima TNI Realistis dalam Belanja Alutsista – AEOmedia

  • Whatsapp
Jawapos TV

AEOmedia.com: Kami merangkum informasi ini dari Beragam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami dengan judul Panglima TNI Realistis dalam Belanja Alutsista.

Mulai Bertugas di Mabes TNI, Andika Temui KSAL dan KSAU

Read More

– Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memulai tugas di Mabes TNI kemarin (22/11). Dia langsung menyambangi Markas Besar TNI-AL (Mabesal) yang terletak dalam satu kompleks di Cilangkap.

Bertemu dengan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dan pejabat teras Angkatan Laut lainnya.

Pertemuan berlangsung hangat. Meski, Andika dan Yudo sebelumnya sama-sama dijagokan untuk menduduki posisi nomor satu di institusi militer tanah air.

Baca :  Di Chief of Army Symposium 2021, KSAD Bahas Penguatan Hubungan Militer - AEOmedia

Andika menuturkan, kunjungan ke Mabesal merupakan rangkaian orientasi yang perlu dilakukan. Dia ingin mendapat penjelasan menyeluruh berkaitan dengan TNI- AL dari Yudo. ”Saya ingin dijelaskan oleh kepala staf Angkatan Laut langsung karena beliau yang paling menguasai Angkatan Laut,” ujarnya.

Pertemuan Andika dengan Yudo dan pertinggi TNI-AL berlangsung tertutup. Namun, mantan panglima Kostrad itu menyatakan bahwa ke depan dirinya ingin lebih realistis dalam membangun TNI.

Menurut Andika, TNI tidak bisa terlepas dari format yang sudah ada. Selain itu, institusi yang dipimpinnya harus bisa menyesuaikan diri dengan anggaran negara. ”Tidak mungkin bicara perubahan-perubahan yang kemudian tidak ada anggarannya. Kami harus realistis sekali,” ungkap dia.

Hal itu, lanjut Andika, termasuk urusan belanja alat utama sistem persenjataan (alutsista). Apalagi, rencana pembelian alutsista sudah disusun TNI bersama Kementerian Pertahanan (Kemenhan). ”Untuk periode 2020–2024 sudah selesai,” ujarnya.

Baca :  Panglima TNI Targetkan Vaksinasi TNI di Jatim Tuntas Pekan Ini - AEOmedia

Meski sektor pertahanan penting, Andika menyatakan, pemerintah juga perlu membangun sektor lainnya. Karena itu, dia ingin pembangunan TNI tetap maksimal dengan anggaran yang tersedia. ”Jadi, bagi saya sebagai pengguna, kami mengusulkan pembelian alutsista yang realistis saja,” jelasnya.

Itu juga dilakukan dengan menekankan efisiensi dan efektivitas. ”Karena kekuatan pertahanan tidak hanya ditentukan alutsista. Tapi, variabel lain yang juga akan membantu,” tambah dia.

Dari Mabesal, kemarin Andika juga berkunjung ke Markas Besar TNI-AU (Mabesau). Dia bertemu dengan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Kepada Andika, Fadjar juga menjelaskan arah pembangunan TNI-AU. Dia memastikan bahwa TNI-AU dibangun untuk disegani di kawasan. Salah satunya dilakukan dengan terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Angkatan Udara.

Baca :  Pembangunan Mako Guspurla Koarmada I di Natuna diresmikan Panglima TNI - AEOmedia

Sementara itu, di sela pertemuan dengan pimpinan TNI-AL dan TNI-AU, Andika menyampaikan rencana yang ingin dilakukan menyikapi persoalan di Papua. Terutama terkait dengan konflik bersenjata. Dia memastikan bahwa pihaknya akan melakukan perubahan untuk menyelesaikan persoalan di sana. ”Kami akan lakukan suatu pendekatan yang berbeda,” ujarnya.

Andika belum memerinci perubahan yang akan dilakukan. Yang pasti, dengan pendekatan itu, dia ingin strategi TNI ke depan lebih efektif.

Kesimpulan
Dari sedikit informasi di atas semoga memberikan tambahan pendapat anda dari apa yang sajikan saat ini. Semoga artikel yang membahas Panglima TNI Realistis dalam Belanja Alutsista Ini menjadikan anda semakin tertarik dengan gratisnya pengetahuan dari internet.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *