Dalami jejak pelaku di TKP Subang, dr Hastry: Kami sudah temukan… – AEOmedia

  • Whatsapp
Dalami jejak pelaku di TKP Subang, dr Hastry: Kami sudah temukan…

AEOmedia.com | Berita Terkini : Dalami jejak pelaku di TKP Subang, dr Hastry: Kami sudah temukan…, pada kesempatan kali ini AEOmedia akan membahas topik lain yaitu tentang Dalami jejak pelaku di TKP Subang, dr Hastry: Kami sudah temukan…, Kami merangkum portal ini dari berbagai sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami.

Dr Hastry. Foto Ist.


Jalaludin Rumi – –

Trending

Menjelang 100 hari kasus pembunuhan ibu dan anak di Subang, Jawa Barat, polisi masih belum menemukan siapa pelaku sebenarnya. Meski demikian, perlahan namun pasti, mereka terus mengumpulkan sejumlah bukti penting. Salah satunya mengenai jejak-jejak yang ditinggalkan pelaku.

Pakar forensik yang terlibat dalam proses pemeriksaan, dr Hastry Purwanti memastikan, polisi sudah menemukan puluhan DNA yang salah satunya kemungkinan milik tersangka pembunuhan. Sehingga, pengumuman mengenai pelaku agaknya hanya persoalan waktu.

“Sekarang kasus Subang, kita sudah temukan puluhan DNA yang ada di sekitar lokasi, kita petakan. Matching atau nggak dengan DBA yang kita dapat di properti atau barang bukti di lokasi itu, makanya butuh waktu yang lama,” ujar dr Hastry Purwanti saat menghadiri podcast bersama Denny Darko, dikutip AEOmedia, Selasa 23 November 2021.

Rumah Tuti dan Amalia di Subang.

Menurut dr Hastry, memeriksan jejak yang ditinggalkan pelaku melalui obyek di TKP tak semudah memeriksa darah. Sehingga, butuk proses berlapis untuk memastikan kebenarannya.

“Kalau periksa darah cepat, tiga hari selesia. Tambah lama lagi karena pemeriksaan berulang dan diambil beberapa kali,” tuturnya.

Lebih jauh, menurutnya, kondisi TKP yang sudah ‘diacak-acak’ alias terkontaminasi, membuat prosesnya menjadi lebih lama. Namun, sekali lagi dia memastikan, penyelidikannya telah mencapai babak akhir.

“Apalagi TKP Subang kacau sudah terkontaminasi karena ada banyak orang yang masuk,” terangnya.

DNA ditemukan, mengapa pelaku Subang belum terungkap?

Pada kesempatan tersebut, dr Hastry ditanya, jika sudah ditemukan DNA di lokasi, mengapa pengungkapannya membutuhkan waktu lama? Padahal, seharusnya, pelaku lebih mudah ditemukan.

“Itu sulit, butuh waktu lama, apalagi TKP rumah itu juga banyak didatangin orang-orang. Oh, yang paling baru DNA siapa, sesuai gak dengan kejadian. Lamanya di situ, sebenarnya kita sudah dapat dan selesai, sudah ketemu semua dari hasil lab di Jakarta,” respons dr Hastry atas pertanyaan tersebut.

Ahli forensik Dr Hastry. Foto: Haibunda.

Bukan hanya itu, dr Hastry juga ditanya, mungkinkah puntung rokok yang berada di TKP sengaja diletakkan pelaku untuk mengecoh polisi? Dia menjawab, jika ada kemungkinan tersebut, polisi pasti langsung mengetahuinya.

“Bisa punting rokok habis, bisa ¾ habis, cara memegangnya gimana, kita juga coba ketahui profilnya, ternyata berbeda-beda. Sehingga suatu saat diumumkan cara merokoknya dia seperti apa, tanpa disadari kita punya data-datanya.”

“Itulah kerja polisi, benar-benar hati-hati. DNA sudah berbicara dan profil dia sudah berbicara dan itu ada rekamannya,” kata dr Hastry.


Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for:
AEOmedia.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *