Perang dingin nampaknya masih terjadi antara perusahaan raksasa digital Huawei dan Google. Karena terlihat di beberapa ponsel terbaru Huawei Aplikasi google tak terlihat disana.

Google menjelaskan alasan mengapa layanannya tidak terdapat di ponsel-ponsel terbaru keluaran Huawei. Pemerintah Amerika Serikat melarang perusahaan-perusahaan di negaranya bekerjasama dengan Huawei karena masalah keamanan.

“Google dilarang bekerjasama dengan Huawei untuk menyediakan aplikasi Google termasuk Gmail, Maps, YouTube, Play Store dan lainnya pada ponsel Huawei,” tulis Tristan Ostrowski, direktur hukum untuk Android dan Google Play.

Melansir dari The Verge, larangan ini diberlakukan setelah 16 Mei 2019. Jadi, untuk saat ini Google tetap menyediakan pembaruan di perangkat Huawei yang diluncurkan sebelum 16 Mei 2019.

“Kami terus bekerjasama dengan Huawei, sesuai dengan peraturan pemerintah, untuk menyediakan pembaruan keamanan dan pembaruan untuk aplikasi dan layanan Google di perangkat yang ada, dan kami akan terus melakukannya selama diizinkan,” tambahnya.

Namun, Google memperingatkan kepada para pengguna ponsel Huawei yang baru untuk tidak menginstal aplikasi Google seperti Gmail, YouTube, Play Store, dan lain-lain melalui sideloading karena perusahaan tidak dapat menjamin bahwa ini bebas dari malware.