Jangan Dibuang! Ini Manfaat Kulit Bawang – AEOmedia

  • Whatsapp
Jangan Dibuang! Ini Manfaat Kulit Bawang

AEOmedia.com: Jangan Dibuang! Ini Manfaat Kulit Bawang, berbagai berita terbaru hidup sehat memang tidak akan pernah ada habisnya jika di bahas, dan uniknya lagi selalu ada hal baru di dalam dunia olahraga, maka dari itu AEOmedia.com Akan membahas yang sedang unik di perbincangkan yaitu Jangan Dibuang! Ini Manfaat Kulit Bawang.

– – Bawang putih dan bawang bombay merupakan salah dua bumbu dapur yang tidak pernah luput dari rutinitas memasak. Biasanya orang mengupas bawang sebelum diolah dan membuang kulitnya.

Namun, apakah Anda tahu bahwa kulit bawang juga memiliki banyak manfaat?

Dari penampakannya kulit bawang memang tampak kotor dan tidak menggugah selera. Tekturnya yang menyerupai kertas memang sukit untuk dikunyah dan seringkali membuat tersedak.

Tapi, tekstur tersebut tercipta karena kulit bawang kayak akan kandungan selulosa dan banyak nutrisi lainnya. Kulit bawang putih juga mengandung vitamin A dan C, serta kaya akan antioksidan fenilpropanoid anti-inflamasi.

Penelitian juga menemukan bahwa kulit bawang putih memiliki sifat antimikroba yang kuat, seperti dilansir dari laman MindBodyGreen, dikutip dari Antara.

Mengupas bawang putih sebetulnya sama seperti menghilangkan antioksidan fenilpropanoid yang melindungi jantung dan membantu melawan proses penuaan serta membantu meningkatkan kekebalan dan menurunkan kolesterol.

Tidak hanya itu, kulit bawang juga memiliki khasiat lur biasa untuk membuat kulit menjadi awet muda dan lebih kenyal.

Dokter kulit bersertifikat triple board Mamina Turegano, M.D., dan ibunya yang berusia 72 tahun mengatakan bahwa mereka bisa memiliki kulit yang kenyal dan tampak awet muda berkat teh kulit bawang.

Sebuah penelitian membenarkan hal ini dan menjelaskan bahwa Quercetin dalam kulit bawang membantu melawan peradangan dan radikal bebas, dua hal yang dapat menyebabkan penuaan serta garis-garis halus. Quercetin juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Meskipun kulit bawang apa pun bisa digunakan, bawang merah juga mengandung antosianin tingkat tinggi, pigmen bermanfaat yang juga anti-inflamasi dan antimikroba, dan dengan demikian dapat berkontribusi untuk mendapatkan kulit sehat yang bercahaya.

Kulit bawang yang diolah menjadi teh juga bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks. Hal ini disebabkan karena kandungan triptofan dalam teh kulit bawang dapat berkontribusi pada kualitas tidur yang lebih baik.

Jika Anda menggabungkan kulit bawang dengan teh herbal lain yang menenangkan, seperti chamomile, Anda mungkin dapat benar-benar mengoptimalkannya sebagai alat untuk membuat tidur menjadi lebih berkualitas.

Berikut ini adalah cara untuk mengolah dan menggunakan kulit bawang hingga mendapatkan manfaatnya secara maksimal:

 

Teh bawang

Cara termudah untuk menuai manfaat kulit bawang adalah melalui teh. Kulit bawang kaya akan berbagai vitamin seperti E dan C, ditambah asam amino yang disebut triptofan dan antioksidan quercetin. Faktanya, kulit bawang mengandung quercetin lebih tinggi daripada daging.

Tambahkan kulit bawang yang sudah dicuci dan dikeringkan ke dalam teh hijau Anda saat diseduh. Menurut sebuah penelitian, hal itu dapat membantu meningkatkan bioavailabilitas epikatekin—senyawa bermanfaat utama, seperti EGCG, dalam teh hijau. EGCG dapat memerangi peradangan, meningkatkan penurunan berat badan, dan membantu melawan berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes.

 

Keripik bawang

Anda bisa mengolah kulit bawang putih menjadi keripik. Sophia Roe, koki dan pembawa acara acara TV Counter Space berbagi resep menggiurkan untuk keripik bawang putih di halaman Instagramnya.

Dia merekomendasikan untuk memasukkan kulit bawang putih ke dalam minyak zaitun, menaburkannya dengan sedikit garam, dan memanggangnya selama 10 menit pada suhu 180 derajat celcius sampai berubah menjadi “keripik” yang renyah dan renyah.

Anda dapat mencampurnya ke dalam salad atau menaburkannya di mana pun Anda membutuhkan penambah rasa (dan kerenyahan).

 

Bawang panggang

Selain itu Anda bisa memanggang bawang putih bersama dengan kulitnya. Setiap pecinta bawang putih akan memberi tahu Anda bahwa bawang putih panggang adalah makanan yang sangat lezat. Kulit membuat bawang putih tetap lembut, berkontribusi pada rasa, dan memastikan Anda mendapatkan nutrisi bermanfaat yang ditemukan di kulit.

 

Tambahan gizi pada nasi

Campurkan beberapa kulit bawang saat memasak nasi untuk menambahkan vitamin ekstra. Pastikan untuk membiarkannya terendam saat nasi dimasak. Cukup buang kulitnya setelah dimasak.

 

Penambah rasa dan aroma

Meskipun setiap jenis kulit memiliki kegunaannya sendiri, Anda juga dapat menggabungkannya untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak.

Tambahkan kulit bawang ke dalam sup untuk aroma dan rasa yang lebih sedap. Bawang putih dan bawang bombay adalah bahan dasar kebanyakan sup, tetapi mengapa tidak menggunakan kulitnya juga? Ini tidak hanya meningkatkan rasa, tetapi juga menambahkan nutrisi kulit ke dalam makanan Anda. Namun, pastikan untuk menyaring kulitnya sebelum makan.

Jika sup tidak ada dalam menu dalam waktu dekat, Anda dapat menggunakan kulit bawang untuk membuat kaldu sayuran untuk digunakan nanti.

Anda juga bisa menggunakan kulit bawang putih dan kulit bawang untuk membumbui hidangan gurih lainnya, seperti roti atau nasi yang baru dipanggang. Cukup keringkan kulitnya, lalu ubah menjadi bubuk dengan menghancurkannya dengan blender atau menggilasnya dalam food processor.

 

Meringankan kulit gatal

Kulit bawang merah dan bawang putih memiliki sifat antijamur yang membuatnya efektif untuk meredakan masalah kulit gatal, termasuk kutu air. Oleskan air rendaman kulit bawang bombay ke kulit Anda untuk meredakannya.

Jadi, alih-alih membuang kulit bawang ke tempat sampah, manfaatkan sebaik-baiknya. Anda dapat menggunakannya untuk meningkatkan rasa sup dan kaldu dan menjaga kulit tetap kenyal dan bercahaya.

Kesimpulan
Dari sedikit data di atas semoga memberikan tambahan perihal seputar dunia sehat itu mudah dari seluruh dunia. Semoga artikel yang membahas Jangan Dibuang! Ini Manfaat Kulit Bawang Ini menjadikan anda makin tertarik

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin.
Repost for: AEOmedia.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *