Sunday, May 22, 2022
spot_img

24 Kali Gempa Bumi Guncang Samosir Mulai Selasa hingga Rabu

Must Read

AEOmedia.com, SAMOSIR – 24 Kali Gempa Bumi Guncang Samosir Mulai Selasa hingga Rabu  (18-19/5/2021), wilayah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, diguncang gempa bumi sebanyak 24 kali. Gempa tektonik paling dirasakan masyarakat terjadi dua kali, yakni Selasa (18/5/2021) pukul 19.14 WIB, dan pukul 20.12 WIB.

Gempa pukul 19.14 WIB bermagnitudo 3,5. Pusat gempa berada pada koordinat 2.62 Lintang Utara (LU), dan 98.75 Bujur Timur (BT). Tepatnya berlokasi di darat pada jarak 5 km timur Samosir, di kedalaman 3 km.

Kemudian gempa pada pukul 20.12 WIB, bermagnitudo 2,2. Pusat gempa terletak pada koordinat 2.62 LU, dan 98.72 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 2 km timur Samosir, pada kedalaman 1 km.

Baca juga :  Cuaca hari ini di Jawa dan Bali: Denpasar cerah, Yogyakarta cerah berawan - AEOmedia

Endah Puspita Sari, Staf Inatews BBMKG Wilayah I Medan menerangkan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal yang diduga akibat dari kombinasi sesar lokal,

dan Swarm atau aktivitas gempa dengan magnitudo relatif kecil dengan frekuensi kejadiannya sangat tinggi, serta berlangsung dalam waktu yang relatif lama di wilayah sangat lokal yang terjadi di Pulau Samosir.

“Guncangan gempa bumi itu dirasakan di Samosir II MMI atau getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat germpa bumi tersebut,” terang Endah Puspita Sari, Rabu (19/5/2021).

Berdasarkan hasil analisa PGR 1 BBMKG Medan, ungkap Endah Puspita Sari, kejadian gempa bumi Samosir dari 23 Januari-19 Mei 2021 pukul 9.00 WIB tercatat sebanyak 184 kali kejadian gempa.

Baca juga :  Khofifah menyebut 6 kecamatan di 3 kabupaten di Jatim terdampak parah gempa Malang - AEOmedia

Variasi kejadian gempa bumi, sebut Endah Puspita Sari, dikategorikan dalam gempa dangkal dan sangat lokal. Istilah ini disebut dengan Swarm, yaitu frekuensi gempa yang sering terjadi dalam skala kecil. Berdasarkan sumber kegempaan Samosir itu, diasumsikan Dike Swarm. “Untuk itu, diperlukan kajian lebih lanjut. Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak perlu panik,” terangnya.

(eyt)

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Inilah Game Dekor Rumah yang Paling Menarik Untuk Dimainkan

Memang akan sangat mengasyikan jika bisa bermain game yang isinya bercerita tentang aktivitas sehari-hari seperti di kehidupan nyata. Kerennya...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -