Thursday, June 30, 2022
spot_img

Pemerintah Siapkan Triliunan Rupiah Ganti Rugi Tol Jogjakarta–Bawen – AEOmedia

Must Read

AEOmedia.com: Kami merangkum portal ini dari beraneka ragam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami dengan judul Pemerintah Siapkan Triliunan Rupiah Ganti Rugi Tol Jogjakarta–Bawen.

–Pemerintah menyiapkan anggaran hingga triliunan rupiah untuk pembayaran ganti kerugian lahan yang terkena proyek pembangunan jalan tol Jogjakarta–Bawen.

”Untuk Jalan Tol Yogyakarta-Bawen ini diestimasi totalnya mencapai triliunan rupiah. Namun jumlah itu masih akan menyesuaikan dengan nilai appraisal di lapangan,” kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tol Jogjakarta–Bawen Moh Fajri Nukman seperti dilansir dari Antara di Semarang.

Dia memastikan, tahun ini, sudah bisa dilaksanakan pembayaran uang ganti kerugian bagi masyarakat pemilik lahan. Cara pemberian uang ganti kerugian yaitu dari tahap pembebasan lahan, akan ada kegiatan identifikasi dan inventarisasi terlebih dulu setelah itu akan dilakukan penilaian tim appraisal.

”Setelah itu akan dilakukan pemberkasan untuk pembayaran dan dilakukan pembayaran,” ujar Fajri Nukman.

Baca juga :  Tol Trans Sumatera Picu Efek Ekonomi Nasional - AEOmedia

Pembayaran uang ganti kerugian mekanisme detilnya akan kerja sama dengan bank BUMN, kemudian uang ganti kerugian akan diberikan dalam bentuk buku tabungan dengan nilai yang tertera dari hasil penilaian appraisal.

”Kami memastikan bahwa tidak akan ada potongan sama sekali untuk kegiatan ini, baik itu pajak maupun administratif perbankan. Jadi nilai itu akan sepenuhnya diterima masyarakat dalam bentuk buku tabungan,” terang Fajri Nukman.

Menurut dia, yang harus disiapkan untuk mengambil uang ganti kerugian yaitu masyarakat menyiapkan dulu dokumen pendukung seperti dokumen kewarganegaraan misalnya KTP, dan kartu keluarga, sedangkan kalau dari waris, warga terdampak bisa menyiapkan surat waris dan sebagainya.

”Selain itu, yang paling penting adalah sertifikat atau akta jual beli, girik/letter C dan sebagainya, kemudian data pendukung lain akan dibantu kelurahan atau desa masing-masing,” papar Fajri Nukman.

Baca juga :  Jalan Tol Cisumdawu Ditargetkan Rampung Akhir Tahun Ini - AEOmedia

Sementara itu, pembangunan jalan tol Jogjakarta–Bawen dipastikan tidak mengenai kawasan objek wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang. Jalan tol itu melainkan justru akan mendukung keberadaan satu dari tujuh keajaiban dunia tersebut.

”Jalan tol Jogjakarta–Bawen terutama di Kabupaten Magelang tidak mengenai Candi Borobudur,” kata Endro Hudiyono, perwakilan Tim Persiapan Pengadaan Tanah Pembangunan Jalan Tol Jogjakarta–Bawen dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Dia menyebut, jalan tol Jogjakarta–Bawen setelah selesai dibangun akan mendekatkan akses ke kawasan objek wisata Candi Borobudur. Sehingga, diharapkan bisa mendongkrak pariwisata di daerah sekitar.

Dia menambahkan, Candi Borobudur merupakan destinasi wisata super prioritas sekaligus kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN). Sehingga, jalan tol juga menjadi pendukung destinasi kawasan pariwisata di sekitar candi.

Baca juga :  Tol Trans Sumatera Picu Efek Ekonomi Nasional - AEOmedia

Dengan demikian, secara bertahap jika jalan tol Jogjakarta–Bawen sudah dapat dioperasikan, perekonomian di beberapa kabupaten penyangga itu juga bisa menerima manfaat dari pembangunan jalan tol.

”Di Kabupaten Magelang direncanakan ada dua tempat istirahat (rest area) yang bisa menjadi etalase promosi bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) setempat untuk menampilkan produk lokal andalan,” ucap Endro.

Kesimpulan
Dari sedikit informasi di atas semoga memberikan tambahan mengenai anda dari apa yang sajikan saat ini. Semoga artikel yang membahas Pemerintah Siapkan Triliunan Rupiah Ganti Rugi Tol Jogjakarta–Bawen Ini menjadikan anda semakin tertarik dengan gratisnya pengetahuan dari internet.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Uang Suami Milik Istri, Apakah Benar atau Salah ?

Kali ini, Aeomedia menulis dalam bentuk percakapan dan diskusi antara orang-orang di dekat pintu: "Uang suami adalah istrinya, dan...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -