Test Drive: Perubahan New Xpander Tak Sekedar di Atas Kertas – AEOmedia

  • Whatsapp
Jawapos TV

AEOmedia.com | Otomotif : Test Drive: Perubahan New Xpander Tak Sekedar di Atas Kertas, beraneka macam berita otomotif hari ini memang tidak akan pernah ada habisnya jika di bahas, Mari dilihat: Test Drive: Perubahan New Xpander Tak Sekedar di Atas Kertas.

– Small MPV dari MItsubishi saat ini sudah menyandang “New” di depannya, ada beberapa perubahan yang diberikan Mitsubishi baik interior maupun eksterior. – mendapat kesempatan untuk menjajal New Xpander di sirkuit Bridgestone Proving Ground, Karawang, Jawa Barat.

Read More

Tampilan luarnya New Xpander mendapat beberapa penyegaran yaitu ada pada bagian lampu depan dan belakang dengan desain T-Shape. Bisa dibilang tampilan luarnya tambah macho dibanding edisi sebelumnya. Keempat rodanya sekarang menggunakan

Pertama mencoba ada perbedaan cukup signifikan dengan edisi sebelumnya, ini terasa pada kenyamanan berkendara dan performa mesinnya. New Xpander sekarang menggunakan transmisi CVT dipadukan dengan mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve dengan spesifikasi Euro4.

Tampilan interior yang berubah banyak membuat feel mengemudikan New Xpander semakin nyaman. Kabin Mitsubishi Xpander terbaru ini memanjakan pengemudi dengan sentuhan soft pad pada dasbor dan door trim.

Sedangkan desain roda kemudi tampil baru lebih sporty dengan genggaman yang telah disesuaikan untuk pengemudi Asia. Pada beberapa instrumen panel dan layar monitor sekarang berukuran 8 inci lebih besar dari sebelumnya dan terlihat lebih mewah.

Baca :  Limpahan Fitur dan Kenyamanan Maksimal Xpander - AEOmedia

Pada arm rest bagian pintu depan maupun belakang sudah dilapis soft touch, begitu juga beberapa bagian dashboard-nya. Nah sekarang rem tangan sudah menggunakan Electric Parking Brake with Brake Auto Hold.

Sistem AC di Xpander terbaru sudah digital sedangkan generasi sebelumnya pakai manual. Sayangnya tampilan knop pemindahnya desainnya terlihat retro kurang terkesan kekinian.

Sekarang giliran “memacu” disirkuit untuk merasakan perubahan mesin. Dapur pacunya masih menggunakan mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve yang mampu menghasilkan tenaga 105 PS pada 6.000 rpm dan torsinya mencapai 141 Nm di 4.000 rpm.

Impresi pertama saat memulai pengujian adalah akselerasi yang cukup halus di kecepatan awal. Kami juga melakukan zig-zag mobil ini dan terasa steer-nya sangat responsif.

Pada rpm rendah mobil ini terasa halus perpindahan giginya, tak ada lagi tenaga yang hilang di sela perpindahan gigi seperti yang terjadi di generasi sebelumnya dengan transmisi AT.

Berlanjut mencoba meningkatkan kecepatan di trek lurus untuk memaksimalkan akselerasi. Tak ragu menginjak pedal gas hingga jarum tachometer menunjuk angka 6.000 rpm kemudian transmisi berpindah otomatis.

Kami merasakan transmisi mobil ini terasa lebih halus dan responsif di rpm tinggi. Karakter CVT membuat rasa perpindahan gigi nyaris tak terasa, bukan berlebihan hal ini seperti memiliki percepatan 8 speed. Rasa nyaman berkendara masih terasa meskipun dipacu dalam kecepatan tinggi.

Baca :  Limpahan Fitur dan Kenyamanan Maksimal Xpander - AEOmedia

Sebagai informasi pada sirkuit Bridgestone juga menyediakan trek putaran berdiameter 32 meter, dan mencoba memacu mobil ini di trek tersebut hingga batas maksimal 50 kpj. Hasilnya lebih baik dibanding edisi Xpander sebelumnya meskipun masih dirasakan sedikit atau tipis ada bantingan atau body roll.

Hal ini masih dimaklumi karena Xpander mempunyai tinggi atap yang lumayan tinggi dan ini cukup berpengaruh. Saat diajak bermanuver mobil ini cukup stabil, steering Wheel mobil ini juga terasa nyaman karena bisa dengan cepat ke posisi center setelah melewati tikungan.

Nah bicara suspensi ada trauma tersendiri khususnya bagi konsumen karena Xpander sebelumnya ada keluhan mengenai kebocoran pada shockbreaker belakang. Namun kali ini ada Mitsubishi telah melakukan inprovement agar suspensi tambah nyaman tanpa ada kebocoran

Benar saja, ketika memacu di kecepatan hingga 60 kpj dengan melewati jalan aspal yang dimodifikasi bergelombang sepanjang 370 meter, kami merasakan suspensi bekerja dengan cerdas dalam meminimalkan getaran.

Pihak Mitsubishi mengatakan kalau telah melakukan pembaruan pada suspensi Xpander terbaru. Ukuran diameter suspensinya dibuat sama dengan dengan yang dipunyai Pajero Sport. Akan tetapi bukan berarti Xpander baru mendapat suspensi yang sama dengan Pajero Sport.

Baca :  Limpahan Fitur dan Kenyamanan Maksimal Xpander - AEOmedia

Selama berbacu dalam sirkuit yang mempunyai beberapa macam karakter jalan di Indonesia, kekedapan kabin cukup baik. Pada Xpander terbaru masih menggunakan teknologi Sound Isolation Glass yang terpasang pada di bagian atap, lantai, pintu dan CVT.

Bagaimana dengan visibilitas selama berkendara? Jangan khawatir visibilitas terasa lebih baik dibandingkan sebelumnya. Karena Mitsubishi telah melakukan pembaruan pada bagian hidung atau bonet menjadi sedikit lebih tinggi. Alhasil mata pengemudi lebih mudah untuk mengawasi kondisi jalanan bagian depan.

Sedagai informasi Xpander tipe Ultimate ini membawa banyak fitur keselamatan, seperti Dual SRS Airbags, struktur RISE body, Seatbelt dengan ELR 3 titik dan ISO-FIX child seating fixing bar, New Speed Sensitive Automatic Door Lock, ASC, ABS-EBD dengan BA, ESS, Hill Start Assist.

Bisa disimpulkan kalau New Xpander dengan beberapa perubahan yang dilakukan tak sekedar di “atas kertas” dalam hal kenyamanan dan tenaga pacu. Pendapat kami mengatakan ini melebihi apa yang kami bayangkandalam hal kenyamanan berkendara dan kinerja mesin.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *