Thursday, June 30, 2022
spot_img

Deteksi Covid-19, ini berbagai alat tes corona yang bisa digunakan berikut harganya – AEOmedia

Must Read

AEOmedia.com: Deteksi Covid-19, ini berbagai alat tes corona yang bisa digunakan berikut harganya, pada kesempatan kali ini AEOmedia.com akan membahas topik lain yaitu tentang Deteksi Covid-19, ini berbagai alat tes corona yang bisa digunakan berikut harganya, Kami merangkum informasi ini dari beraneka macam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami dengan judul Deteksi Covid-19, ini berbagai alat tes corona yang bisa digunakan berikut harganya.

AEOmedia.com – JAKARTA. Deteksi dini menggunakan alat tes Covid-19 menjadi jurus ampuh dalam mencegah penyebaran virus corona. Penggunaan alat tes ini bisa mencegah orang yang sudah terkena Covid-19 menyebarkan virus tersebut ke orang lain tanpa ia sadari.

Saat ini terdapat berbagai alat tes corona yang digunakan di Indonesia. Yang paling banyak digunakan saat ini dan harganya terjangkau adalah rapid test antigen.

Baca juga :  Terkait Prediksi Arus Balik, Kemenhub Usul Tes Covid-19 Secara Gratis - AEOmedia

Lalu, ada buatan Universitas Gadjah Mada (UGM) bernama GeNose C19. Tarifnya paling murah dengan akurasi yang diklaim cukup baik.

Paling anyar, PT Kalbe Farma Tbk memperkenalkan tes diagnostik Covid-10 melalui air liur (saliva) manusia dengan merek dagang InnoLamp.

Produk yang dipasarkan Kalbe Farma, itu diklaim punya akurasi yang setara dengan RT-PCR (Real Time-Polymerase Chain Reaction), namun lebih nyaman digunakan.

Lalu, seperti apa perbedaan Innolamp, GeNose dan rapid test antigen, dan bagaimana perbandingan harganya? Simak ulasan berikut:

Innolamp

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, Innolamp melakukan pengujian menggunakan air liur manusia. Merujuk pemberitaan Kompas.com, saliva yang ingin diuji ditempatkan di tabung steril yang disediakan. Lantas, sampel saliva tersebut diuji di laboratorium atau klinik.

Baca juga :  Di Suramadu Tunjukkan Surat atau Tes, di Sampang Acak Saja - AEOmedia

Agar hasilnya lebih akurat, pengguna disarankan berpuasa 30 menit sebelum melakukan tes. Hasil pengujian menggunakan Innolamp bisa diperoleh dalam waktu sekitar dua jam.

Sie Johan, Direktur PT Kalbe Farma Tbk menyebut cara ini lebih nyaman dan pengambilan sampel bisa dilakukan sendiri lantaran tidak membutuhkan teknik khusus seperti halnya metode usap (swab).

Oh ya, pihak Kalbe Farma menyebut Innolamp sudah mendapat ijin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Sementara dari Kementerian Kesehatan ijin diberikan lewat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK. 01.07/ MENKES/446/2021.

Innolamp akan segera dipasok ke berbagai klinik dan laboratorium di seluruh Indonesia. Untuk biayanya, Kalbe Farma memberikan promosi harga hingga 31 Maret 2021, yakni Rp 400.000.

Setelah itu, pengguna akan dikenai biaya tes melalui sampel saliva ini dengan banderol harga Rp 488.000 per paket.

Baca juga :  Duh, zona merah corona kembali muncul di Pulau Bali per awal Mei 2021 - AEOmedia

Tes corona saliva dengan Innolamp diklaim memiliki akurasi yang sama relatif mirip dengan RT-PCR. Yakni dengan performa sensitivitas sebesar 94% dan spesifisitas sebesar 98%.

GeNose C19

Kesimpulan
Dari sedikit informasi di atas semoga memberikan tambahan mengenai anda dari apa yang sajikan saat ini. Semoga artikel yang membahas Deteksi Covid-19, ini berbagai alat tes corona yang bisa digunakan berikut harganya Ini menjadikan anda semakin tertarik dengan sangat mudah dapat info detail dari internet.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Uang Suami Milik Istri, Apakah Benar atau Salah ?

Kali ini, Aeomedia menulis dalam bentuk percakapan dan diskusi antara orang-orang di dekat pintu: "Uang suami adalah istrinya, dan...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -