Jangan Beli Mobil Sekarang, Tunggu 1 Maret 2021 Mobil dan Motor Baru DP 0%

0
34
DP 0 persen beli mobil dan motor baru mulai 1 maret 2021

AEOmedia.com – mulai per 1 Maret 2021 ini berlaku pembelian mobil dan motor baru dengan DP 0% berdasarkan ketetapan terbaru dari Bank Indonesia (BI) resmi menurunkan batas uang muka atau down payment (DP) nol (0) persen untuk pembelian kendaraan bermotor

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengemukakan, kebijakan tersebut merupakan komitmen dari Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) guna meningkatkan sektor pembiayaan untuk dunia usaha.

Menurut dia, pemerintah perlu mendorong permintaan kredit pada dunia usaha yang lesu akibat pandemi Covid-19. Demikian juga untuk penawaran kredit dari perbankan yang harus didorong.

“Dari pemerintah, Menteri Keuangan (Sri Mulyani) tentu saja diberi insentif perpajakan, jaminan, dan juga insentif suku bunga kredit yang juga sudah diumumkan,” kata Perry dalam sesi teleconference, Kamis (18/2/2021).

Baca :  Daihatsu Sayangkan Banyak Pihak Salah Mengartikan PPnBM Nol Persen

“Melonggarkan uang muka kredit kendaraan bermotor DP 0 persen untuk semua jenis kendaraan untuk dorong pertumbuhan kredit subsektor otomotif. Berlaku efektif 1 Maret 2021 sampai 31 Desember 2021,” sambungnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi, pemberian DP 0% ini juga sebagai langkah gebrakan dari pemerintah untuk bisa menggairahkan kembali industri otomotif Tanah Air di tengah pandemi Covid-19.

“Tapi, tentunya hak memberikan DP 0 persen atau tidak ini ada di lembaga keuangan atau perusahaan pembiayaan,” jelas Nangoi saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (19/2/2021).

Lanjut Nangoi, masyarakat tidak bisa serta merta membeli mobil secara kredit dan meminta DP 0 persen dikabulkan. Bakal ada kriteria lebih lanjut terkait pemberian insentif tersebut, seperti kredibilitas pemohon kredit.

Baca :  Esemka Belum Ajukan Permohonan Anggota ke Gaikindo

“Tapi, mudah-mudahan dengan adanya satu langkah positif dari pemerintah, paling tidak bisa memberikan kemudahan bagi orang-orang memiliki dan minat beli mobil,” pungkasnya.

Tunggu Bulan Depan…Borong mobil kesukaanmu

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here