Tersedia 172 Ribu Kursi, Pendaftaran Mahasiswa PTKIN Dibuka Februari

Tersedia 172 Ribu Kursi, Pendaftaran Mahasiswa PTKIN Dibuka Februari – AEOmedia

AEOmedia.com: Kami merangkum informasi ini dari beraneka ragam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami dengan judul Tersedia 172 Ribu Kursi, Pendaftaran Mahasiswa PTKIN Dibuka Februari.

–Pendaftaran mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) 2022 segera dibuka. Sesuai jadwal yang diumumkan panitia, rangkaian pendaftaran dibuka mulai 7 Februari. Ada sejumlah inovasi yang membuat alur pendaftaran lebih mudah.

Total ada tiga jenis seleksi masuk PTKIN 2022. Pertama Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) PTKIN dengan kuota 58.076 kursi. Kedua Ujian Masuk (UM) PTKIN dengan kuota 75.242 kursi. Ketiga adalah ujian mandiri dengan kuota 39.667 kursi.

Masa penerimaan mahasiswa baru di PTKIN dimulai dengan jalur SPAN PTKIN. Rangkaian pendaftaran dimulai 7–28 Februari untuk tahap pengisian dan verifikasi pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS).

Ketua SPAN PTKIN Imam Taufiq menuturkan, SPAN PTKIN diikuti lulusan madrasah aliyah/SMA sederajat tahun akademik 2022. ’’Jadi lulusan 2021 tidak bisa mendaftar SPAN. Mereka bisa ikut ujian masuk (UM) PTKIN,’’ kata Imam Rabu (19/1).

Pria yang juga Rektor UIN Walisongo Semarang itu menjelaskan, SPAN merupakan seleksi berbasis prestasi akademik dan non akademik. Jadi tidak ada seleksi berbasis ujian.

Dia menjelaskan, ada sejumlah inovasi tahun ini. Di antaranya adalah integrasi data SPAN PTKIN dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbudristek. Dengan adanya integrasi tersebut, tahun ini ada penyederhanaan alur pengisian PDSS dalam SPAN PTKIN.

’’Yang upload nilai rapor adalah sekolah, bukan siswa,’’ kata Imam Taufiq.

”Alur ini berbeda dengan sebelumnya, yaitu siswa yang didaftarkan SPAN PTKIN harus upload nilai rapor sendiri-sendiri,” tambah dia.

Menurut Imam Taufiq, SPAN PTKIN adalah seleksi berbasis prestasi. Sehingga sekolah memiliki kewenangan merekomendasikan atau mendaftarkan siswa berprestasi mereka untuk mengikuti SPAN.

’’Jadi siswa tidak bisa masuk ke sistem SPAN, kalau tidak atas rekomendasi sekolah,’’ tutur Imam Taufiq.

Dalam waktu dekat, Imam mengatakan, panitia menyiapkan rincian pendaftaran untuk disosialisasikan ke madrasah maupun sekolah umum. Tahap pertama adalah sekolah segera memilih siswa-siswi mereka yang berprestasi untuk didaftarkan pada tahap pengisian PDSS.

Layaknya di kampus umum, Imam mengatakan, PTKIN di bawah naungan Kemenag juga menggelar seleksi berbasis ujian bernama Ujian Masuk (UM) PTKIN. Seleksi itu murni dilakukan dari hasil ujian pendaftar.

Untuk seleksi UM PTKIN, pendaftaran dilakukan siswa secara perorangan tanpa rekomendasi dari sekolah. Rangkaian pendaftaran UM PTKIN dimulai dengan pendaftaran pada 25 April sampai 4 Juni. Ujian tulis secara elektronik digelar 14–17 Juni. Kemudian hasil seleksi UM PTKIN diumumkan 30 Juni.

Kesimpulan
Dari sedikit informasi di atas semoga memberikan tambahan perihal anda dari apa yang sajikan saat ini. Semoga artikel yang membahas Tersedia 172 Ribu Kursi, Pendaftaran Mahasiswa PTKIN Dibuka Februari Ini menjadikan anda semakin tertarik dengan sangat mudah dapat info detail dari internet.
[ad_2]
Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Dony

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Tersedia 172 Ribu Kursi, Pendaftaran Mahasiswa PTKIN Dibuka Februari – AEOmedia yang dipublish pada 20 January 2022 di website Berita Portal Online Terkini - AEOmedia.com

Leave a Comment